Software ArcGIS

.
.
ArcGIS

Software ArcGIS merupakan penunjang dari Sistem Informasi Geografi (SIG) yang memiliki fungsi estension yang terintegrafi baik dan juga mengaplikasikan konsep basis data spasial, khususnya geodatabase (baik personal maupun multi user). ArcGIS dibuat untuk mereka yang bergelut dalam bidang pemetaaan dan software ini dikembangkan oleh Enveronment Science & Research Institute (ESRI). Software ini mulai dirilis oleh ESRI pada tahun 2000. Produk utama dari ArcGIS adalah ArcGIS Desktop, dimana  merupakan software GIS professional yang dikelompokkan dalam tiga komponen yaitu: ArcView (pemetaan dan analisis), ArcEditor (editing data spasial) dan ArcInfo (menyajikan fungsi-fungsi GIS termasuk untuk keperluan analisis geoprosesing). Dengan arcGIS, anda dapat memiliki komponen-komponen untuk melakukan visualisasi, mengexplore, menjawab query (baik data spasial maupun non spasial). ArcGIS Desktop terdiri dari lima komponen aplikasi dasar yaitu:
  1.  ArcMap: merupakan aplikasi utama dalam ArcGIS yang digunakan untuk mengolah, menampilkan, memilih, dan mengedit peta.
  2. ArcCatalog: merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengatur atau mengorganisir berbagai macam data spasial yang digunakan dalam pekerjaan SIG. Fungsi dari aplikasi ini untuk membuat data vektor, menjelajah, mengatur, dan mebagikan data-data SIG.
  3. ArcToolbox: merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai tool atau perangkat melakukan berbagai macam analisis spasial.
  4. ArcScane: merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah dan menampilkan peta ke dalam bentuk tiga dimensi (3D)
  5. ArcGlobe: merupakan aplikasi yang menampilkan peta secara 3D ke dalam bole bumi dan dapat dihubungkan langsung dengan internet.
Itulah sedikit penjelasan mengenai software ArcGIS dan anda dapat mengunduh aplikasi ArcGIS terbaru dengan mengklik tombol unduh di bawah ini:









Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disini: Tutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!



.
.