.
.
Dosen Pengampu : Ahmad Syamsu Rijal
S., S.Pd, M.Pd
Program Studi : Geografi
Kode Mata Kuliah : GEO10522
Nama Mata Kuliah : Pengantar
Geografi
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : I (Satu)/ Ganjil
Pertemuan : VII (Tujuh)
Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
I.
Standar
Kopetensi : Mahasiswa mampu memahami pengertian, perkembangan,
kedudukan Geografi, struktur dan cabang Geografi,
Pendekatan Geografi, objek studi geografi dan geosfer, teknik pengamtan dan
perekaman dalam geografi.
II.
Kopetensi
Dasar : Mahasiswa
dapat memahami pendekatan historis pada geografi
Indikator
Pembelajaran : Mahasiswa
dapat mendeskripsikan pendekatan historis pada geografi,
III.
Materi Pembelajaran :
PENDEKATAN GEOGRAFI HISTORIS (PENDEKATAN KRONOLOGI)
Menurut Preston E. James, sejarah
dan geografi merupakan ilmu yang dwitunggal. Tempat dan waktu menyajikan
kerangka kerja yang di dalamnya dapat dijelaskan pranata manusia dan proses
perubahan kebudayaan yang dapat ditelusuri. Hartshorne mengemukakan pentingnya dimensi
sejarah pada geografi.
Jika dimensi tempat menjelaskan
interelasi keruangannya maka dimensi sejarah dapat menjelaskan dimensi waktunya
dan dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangannya. Pada studi geografi,
metodologi dengan menggunakan dimensi urutan waktu atau dimensi sejarah,
dikenal sebagai pendekatan historis atau pendekatan kronologi.
Dengan menerapkan pendekatan
historis suatu gejala atau suatu masalah pada ruang tertentu, kita dapat
mengkaji perkembangannya dan dapat pula melakukan prediksi proses gejala atau
masalah tadi pada masa-masa yang akan datang. Melalui pendekatan historis ini,
kita dapat melakukan pengkajian dinamika dan perkembangan suatu gejala geografi
di daerah atau di wilayah tertentu.
Meneliti, menganalisis, dan
mengadakan interpretasi peta suatu wilayah dengan menggunakan pendekatan
historis, artinya dengan menggunakan peta perkembangan daerah berdasarkan
urutan waktunya, kita akan dapat melihat kecenderungan ke arah mana kota itu
tumbuh berkembang beserta apa penunjangnya.
Tujuan Pembelajaran
|
Materi Ajar
|
Model Pembelajaran
|
||
Tujuan Instruksional Umum
|
Tujuan Instruksional Khusus
|
|||
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa
mampu mendeskripsikan pendekatan historis pada geografi
|
mahasiswa mampu
mendeskripsikan pendekatan historis pada geografi
|
Pendekatan historis pada geografi
|
Model Pembelajaran Langsung, diskusi.
|
|
IV.
Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
||||
Kegiatan Awal Pembelajaran
|
Kegiatan Inti Pembelajaran
|
Kegiatan Akhir Pembelajaran
|
||
Memberi
salam, berdoa,
dan mengecek keharian mahasiswa
|
Menjelaskan dan denginformasikan materi kepada mahasiswa,
mengenai pendekatan historis pada geografi
|
Pendidik memberikan meluruskan dan menjelasan kembali
mengenai materi yang belum di pahami
|
||
Memberikan bayangan mengenai materi yang akan di berikan dengan
cara memberikan apersepsi kepada mahasiswa
|
Mahasiswa mengamati
dan mencermati penjelasan dari dosen mengenai pendekatan
historis pada geografi
|
Menyimpulkan materi mengenai
yang sudah diajarkan.
|
||
Memberikan Motivasi/
dorongan betapa besar manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan.
|
Melakukan tanya jawab mengenai materi yang disajikan
|
Pendidik memberikan tugas rumah mengenai pendekatan historis pada
geografi
|
||
Menginformasikan
tujuan pembelajaran
(indikator)
|
Dosen memberikan kuis kepada mahasiswa menyangkut materi sebagai
bahan evaluasi.
|
Pendidik menutup
kegiatan pembelajaran
|
||
Alat Pembelajaran
|
Bahan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Pustaka
|
|
Laptop,
LCD
|
Media
Powerpoint
|
Pertanyaan, keberanian mengemukakan
pendapat, tugas
|
||
V.
Evaluasi :
Gorontalo,
04 Oktober
2015
Dosen
Pengampu
Ahmad Syamsu Rijal S., S.Pd, M.Pd
Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disini: Tutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!
.
.
0 komentar:
Post a Comment