.
.
Oleh : Ahmad Syamsu Rijal S, S.Pd, M.Pd
Tempat : Gorontalo
Lembaga : Universitas Muhammadiyah Gorontalo
I.
Identifikasi
Matakuliah :
Mata Kuliah : Pengantar
Geografi
Kode
Matakuliah : GEO10522
Prasyarat : -
Program
Studi : Geografi
Fakultas :
Sains dan Teknologi
Jenjang Studi :
Sarjana
SKS :
2
Sifat Matakuliah :
Wajib
Pengajar :
Tim Dosen Pengantar Geografi
Semester :
I
Waktu Pertemuan :
100 menit (2 x 50)
Tempat :
Kampus Universitas Muhammadiyah Gorontalo
: Ruang Belajar
II.
Oraganisasi
Materi
I.
Desripsi
Matakuliah
Mata kuliah Pengantar Geografi didesain guna memberikan pengetahuan
serta pemahaman awal tentang Geografi serta kedudukannya di tengah ilmu
pengetahuan lainnya, yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan untuk menjawab
berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat melalui sudut pandang
geografi. Karena kedudukan Geografi berada di dua kaki, yaitu sebelah di Ilmu
Sosial dan sebelah lagi di Ilmu Alam, maka perkuliahan ini akan terlebih dahulu
diawali dengan pengertian geografi yang dikemukakan oleh para ahli. Pada
perkuliahan selanjutnya materi perkuliahan akan difokuskan pada tema-tema yang
berhubungan dengan : (1) Sejarah Perkembangan Geografi; (2) Kedudukan Geografi di tengah
Ilmu-ilmu lainnya; (3) Struktur Geografi; (4) Cabang-cabang Geografi; (5)
pendekatan keruangan pada Geografi; (6) pendekatan ekologi pada Geografi; (7)
pendekatan Historis pada Geografi; (8) pendekatan Sistem atau kewilayahan pada
Geografi; (9) Objek Studi Geografi dan Geosfer Sebuah Sistem; (10) Teknik
Pengamatan dan Perekaman dakam Geografi;
II.
Standar
Kompetensi : Mahasiswa mampu memahami pengertian, perkembangan,
kedudukan Geografi,
struktur dan cabang Geografi, Pendekatan
Geografi, objek studi geografi dan geosfer, teknik pengamtan dan
perekaman dalam geografi.
III. Kompetensi Dasar :
Memahami konsep dan objek studi kajian geografi
IV.
Alokasi
Waktu :
2 x 50
Menit
Minggu
Tggal
|
Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan
|
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
Sejarah perkembangan geografi
|
Dosen
menyampaikan materi dengan ceramah berkenaan dengan
sejarah perkembangan geografi
|
Setelah selesai perkuliahan Mahasiswa
sekurang-kurangnya mempunyai kemampuan :
1. Menjelaskan pengetahuan dan pemahaman pengertian Geografi
2. Menjelaskan perkembangan Geografi dari masa ke masa.
|
Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat, tugas
|
2 x 50 menit
|
|
2
|
Kedudukan geografi di tengah ilmu pengetahuan lainnya
|
Dosen menyampaikan materi
dengan ceramah berkenaan dengan kedudukan geografi di tengah ilmu
pengetahuan lain
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
mengetahui kedudukan geografi ditengah ilmu lain, diantaranya:
1.
Aspek fisik
2.
Aspek sosial
|
Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat, tugas
|
2 x 50 menit
|
|
3
|
Struktur geografi
|
Mahasiswa
menganalisis struktur geografi
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
mengetahui struktur geografi
|
Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat, tugas
|
2 x 50 menit
|
|
4
|
Cabang-cabang geografi
|
Mahasiswa menganalisis
cabang-cabang geografi
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
mengetahui cabang-cabang geografi
|
Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat, tugas
|
2 x 50 menit
|
|
5
|
Pendekatan keruangan pada geografi
|
Mahasiswa menganalisis pendekatan keruangan pada
geografi
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
mengetahui pendekatan keruangan pada geografi
|
Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat, tugas
|
2 x 50 menit
|
|
6
|
Pendekatan ekologi pada geografi
|
Mahasiswa menganalisis pendekatan ekologi pada geografi
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
mengetahui pendekatan ekologi pada geografi
|
Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat, tugas
|
2 x 50 menit
|
|
7
|
Pendekatan historis pada geografi
|
Mahasiswa menganalisis pendekatan historis pada
geografi
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
mengetahui pendekatan historis pada geografi
|
Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat, tugas
|
2 x 50 menit
|
|
8
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
|||||
9
|
Pendekatan sistem
atau kewilayahan pada geografi
|
Mahasiswa menganalisis pendekatan sistem atau
kewilayahan pada geografi
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahaiswa dapat mengetahui
pendekatan sistem atau kewilayahan pada geografi
|
Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat, tugas
|
2 x 50 menit
|
|
10
|
Objek studi geografi dan geosfer sebuah sistem
|
Mengkaji sumber tentang :
1.
Atmosfer
2. Litosfer
3. Pedosfer
4. Hidrosfer
5. Biosfer
6. Anthroposfer
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan obyek :
1. Atmosfer
2. Litosfer
3. Pedosfer
4. Hidrosfer
5. Biosfer
6. Anthroposfer
|
Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat, tugas
|
6 x 50 menit
|
|
13
|
Teknik pengamatan dan perekaman dalam geografi
|
Mengakaji tentang:
1. Surveipengamatan lingkungan dan kependudukan
2. Dasar-dasar pengetahuan proyek dan pemetaan
3. Sebagai bagian alat dalam geografi
4. Pemetaan, analisis tata guna lahan, pola danpersebarannya
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat mengetahui:
1. Surveipengamatan lingkungan dan kependudukan
2. Dasar-dasar pengetahuan proyek dan pemetaan
3. Sebagai bagian alat dalam geografi
4. Pemetaan, analisis tata guna lahan, pola danpersebarannya
|
Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat, tugas
|
4 x 50 menit
|
|
16
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
II.
Tugas – Tugas :
Gorontalo, 03 Oktober 2014
Dosen Pengampu
Ahmad Syamsu Rijal S., S.Pd, M.Pd
File Word-nya bisa unduh di sini : Silabus Pengantar Geografi
Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disini: Tutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!
.
.
0 komentar:
Post a Comment