SAP III Pengantar Geografi

.
.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP)
Dosen Pengampu        : Ahmad Syamsu Rijal S., S.Pd, M.Pd
Program Studi             : Geografi
Kode Mata Kuliah      : GEO10522
Nama Mata Kuliah      : Pengantar Geografi
Jumlah SKS                : 2 SKS
Semester                      : I (Satu)/ Ganjil
Pertemuan                   : III (Tiga)
Alokasi Waktu            : 2 x 50 menit
Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
I.         Standar Kopetensi         : Mahasiswa mampu memahami pengertian, perkembangan,
kedudukan Geografi, struktur dan cabang Geografi, Pendekatan Geografi, objek studi geografi dan geosfer, teknik pengamtan dan perekaman dalam geografi.
II.    Kopetensi Dasar              : Mahasiswa dapat memahami struktur geografi
Indikator Pembelajaran       : Mahasiswa dapat mengidentifikasi struktur geografi dalam bidang:
-          Geografi fisik,
-          Geografi manusia, dan
-          Geografi teknik.
III. Materi Pembelajaran      :
Struktur Geografi
Struktur geografi tersusun sebagai berikut:
a. Fakta geografi, Merupakan kejadian nyata. Contohnya, gempa bumi di yogyakarta, tsunami di aceh, dan tabrakan kereta rellistrik di depok.
b. Distribusi ruang, Menunjukan tempat kejadian itu terjadi
c. Skala peta, menunjukan perbandingan jarak sebenarnya terhadap peta sebenarnya.
d. Asosiasi areal, menunjukan hubungan antar tempat yang memungkinkan terbentuknya wilayah formal.
e. Wilayah formal, merupakan wilayah yang di tandai oleh kesamaan ciri-ciri atau fenomena. Sebagai contoh wilayah karst di sulawesi selatan.
f. Interaksi keruangan, menunjukan adanya hubungan antara suatu fakta dengan fakta lainnya dalam suatu ruang atau wilayah. Melalui hubungan timbal balik, biasanya akan timbul fakta baru. Contohnya, interaksi antara gempa dan gelombang tsunami yang mengakibatkan kerusakan yang lebih besar.
g. Wilayah fungsional, adalah wilayah-wilayang yang di tandai dengan fungsinya. Sebagai contoh, wilayah perkotaan atau dearah aliran sungai
Tata Geografi
Untuk mengetahui ciri-ciri suatu daerah, perlu di bahas tata geografi yang meliputi unsur fisik, unsut topologi, dan unsur biotik.
a. Pengaruh unsur fisik
• Iklim dan cuaca
Iklim dan cuaca dapat mempengaruhi jenis dan penyebaran tumbuhan, jenis dan penyebaran hewan, vitalitas, dan aktivitas manusia
• Air
Pengaruh wilayah perairan bergantung pada jarak antara wilayah perairan dan masyarakat. Air permukaan banyak digunakan untuk irigasi, perikanan, dan pembangkit tenaga listrik.
• Relief dan tanah
Relief dan tanah sangat berpengaruh terhadap pemusatan penduduk, jaringan jalan, biaya transpotasi, moda transportasi, jenis usaha pertanian, dan ragam kebudayaan.
• barang tambang
keberadaan barang tambang, baik berupa minyak bumi, mineral, atau gas alam, pada suatu dearah menyebabkan perbedaan perhatian manusia terhadap daerah tersebut.
b. Pengaruh unsur topologi
• Pengaruh letak
Untuk dapat mengetahui keadaan geografis suatu tempat degan baik, kita perlu mengetahui letak tempat atau daerah tersebut di permukaan bumi. Dengan mengetahui hal ini, dapat di pahami berbagai hal menyangkut daerah tersebut, seperti kehidupan penduduk, posisi daerah itu terhadap daerah lain, latar belakang sejarah, serta berbagai fenomena yang pernah atau akan terjadi pada daerah tersebut.
Letak astronomis, adalah letak suatu tempat di hubngkan dengan posisi garis lintang dan garis bujur yang akan membentuk suatu titik kordinat. Garis lintang adalah garis paralel pada bola bumi yang sejajar dengan ekuator (khatulistiwa). Sedangkan gari bujur adalah semua garis yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan, tegak lurus terhadap garis lintang.
Letak geologis, adalah letak suatu daerah atau negara berdasarkan struktur batuan yang ada pada kulit bumi
Letak geomorfologis, adalah letak berdasarkan morfologi suatu tempat
Letak geografis, adalah letak suatu daerah di lihat dari kenyataan atau posisi daerah tersebut di bumi di bandingan dengan posisi daerah lain.
Letak maritim, letak suatu tempat di tinjau dari segi kelautan
Letak ekonomis, letak suatu wilayah ditinjau dari aktivitas dan interaksi ekonomi wilyah tersebut terhadap wilayah lain.
Letak sosiokultural, adalah letak berdasarkan keadaan sosial dan budaya suatu daerah yang berkaitan dengan daerah di sekelilingnya.
• Pengaruh luas dan bentuk
Pada umumnya, suatu negara dengan wilayah yang luas akan memperoleh keuntungan lebih banyak di bandingkan dengan wilayah yang sempit. Negara dengan wilayah yang luas akan membarikan ruang hidup yang lebih luas bagi peningkatan kesejahteraan penduduknya. Pembangunan ekonomi akan lebih memungkinkan, terutama jika diikuti dengan teknologi modern.
Wujud suatu negara memiliki bentuk dan luas yang bermacam-macam. Misalnya bulat, sempit memanjang, dan luas memanjang, bentuk-bentuk tersebut sangat berpengaruh terhadap iklim setempat, strategi pertahanan, dan keadaan ekonomi.
• Pengaruh batas
Terdapat dua macam batat, yaitu batas alam (seperti laut, pegunungan, dan sungai) dan batas buatan (seperti tembok, tugu, dan pagar). Suatu negara yang berbatasan dengan laut memerlukan pemikiran dan perencanaan dalam pembangunan pelabuhan, perthanan, dan usaha perikanan. Bila suatu negara berbatasan dengan negara yang lebih maju, negara terebut akan lebih di untungkan. Negara yang belum maju dapat meminta bantuan di bidang pengetahuan dan teknologi dari negara maju untuk melaksanakan pembangunan.
Dengan memahami geografis suatu daerah dapat diketahui ciri-ciri khas daerah tersebut. Ciri-ciri khas yang di maksud adalah keadaan alam, mata pencaharian, dan bentuk kehidupan penduduk, pemusatan dan penyebaran penduduk, serta kebudayaan dan kehidupan sosial penduduk.
Dari uraian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa faktor latak dan tat geografi menentukan keadaan fisik, sosial, budaya, dan kelangsungan hidup penduduk di suatu daerah atau negara.
c. Pengaruh unsur biotik
Unsur biotik suatu lingkungan meliputi berbagai jenis mahluk hidup yang terdapat di suatu wilayah.secara umum, unsur biotik terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuhan. Ketiga unsur tersebut saling berinteraksi dengan lingkungan dan membantuk ekosistem, inteaksi antar komponen biotik terjadi dalam bentuk hubungan makan memakan antara mahluk hidup yang berperan sebagai konsumen dan produsen atau antara mahluk hidup yang sama-sama berperan sebagi konsumen.
Keberadaan unsur biotik dalam suatu lingkungan dipengaruhi oleh unsur fisik dan topologi. Sebagai contoh, penyebaran tumbuhan di dunia di pengaruhi oleh iklim, curah hujan, jenis tanah, air, dan sinar matahari. Keberagaman tumbuhan di suatu wilayah juga mempengaruhi keberagaman jenis hewan yang hidup di wilayah tersebut. Daerah dengan tumbuhan beragam, seperti hutan hujan tropis, mendukung kehidupan hewan yang beragampula.
Di lain pihak, manusia sebagai organisme yang paling dominan di bumi mampu mempengaruhi komponen biotik lain maupun komponen abiotik. Sebagai contoh, manusia mampu mengolah tanah dan menanam tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Manusia juga melakukan aktivitas ekonomi sehingga melakukan pembangunan yang mengubah penampakan fisik wilayah. Aktivitas manusia dapat pula mempengaruhi keberadaan komponen biotik secara negatif dan mengganggu keseimbangan lingkungan. Sebagai contoh, aktivitas penambangan dan penebangan hutan yang di lakukan menusia dapat pengakibatkan pencemaran serta kerusakan lingkungan.
IV. Kegiatan Pembelajaran :
Tujuan Pembelajaran
Materi Ajar
Model Pembelajaran
Tujuan Instruksional Umum
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu mengidentifikasi struktur geografi fisik, manusia, dan teknik.
mahasiswa mampu mengidentifikasi struktur geografi fisik, manusia, dan teknik.
struktur geografi
Model Pembelajaran Langsung, diskusi.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal Pembelajaran
Kegiatan Inti Pembelajaran
Kegiatan Akhir Pembelajaran
Memberi salam, berdoa, dan mengecek keharian mahasiswa
Menjelaskan dan denginformasikan materi kepada mahasiswa, mengenai struktur geografi dalam bidang geografi fisik, manusia, dan teknik.
 Pendidik memberikan meluruskan dan menjelasan kembali mengenai materi yang belum di pahami
Memberikan bayangan mengenai materi yang akan di berikan dengan cara memberikan apersepsi kepada mahasiswa
Mahasiswa mengamati dan mencermati penjelasan dari dosen mengenai struktur geografi dalam bidang geografi fisik, manusia, dan teknik.
 Menyimpulkan materi mengenai yang sudah diajarkan.
Memberikan Motivasi/ dorongan betapa besar manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan.
Melakukan tanya jawab mengenai materi yang disajikan
Pendidik memberikan tugas rumah mengenai struktur geografi
 Menginformasikan tujuan pembelajaran (indikator)
Dosen memberikan kuis kepada mahasiswa menyangkut materi sebagai bahan evaluasi.
 Pendidik menutup kegiatan pembelajaran
Alat Pembelajaran
Bahan Pembelajaran
Penilaian
Pustaka
Laptop, LCD
Media Powerpoint
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat, tugas
V.    Evaluasi                           :
Gorontalo, 04 Oktober 2015
Dosen Pengampu


Ahmad Syamsu Rijal S., S.Pd, M.Pd
File Word-nya bisa unduh di sini                 SAP III Pengantar Geografi

Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disiniTutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..! 
.
.

0 komentar: