.
.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP)
Dosen Pengampu : Ahmad Syamsu Rijal
S., S.Pd, M.Pd
Program Studi : Geografi
Kode Mata Kuliah : GEO10522
Nama Mata Kuliah : Pengantar
Geografi
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : I (Satu)/ Ganjil
Pertemuan : III (Tiga)
Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
I.
Standar
Kopetensi : Mahasiswa mampu memahami pengertian, perkembangan,
kedudukan Geografi, struktur dan cabang Geografi,
Pendekatan Geografi, objek studi geografi dan geosfer, teknik pengamtan dan
perekaman dalam geografi.
II.
Kopetensi
Dasar : Mahasiswa dapat memahami struktur geografi
Indikator
Pembelajaran : Mahasiswa
dapat mengidentifikasi struktur geografi dalam bidang:
-
Geografi fisik,
-
Geografi manusia, dan
-
Geografi teknik.
III.
Materi Pembelajaran :
Struktur Geografi
Struktur geografi tersusun sebagai berikut:
a. Fakta geografi, Merupakan
kejadian nyata. Contohnya, gempa bumi di yogyakarta, tsunami di aceh, dan
tabrakan kereta rellistrik di depok.
b. Distribusi ruang, Menunjukan
tempat kejadian itu terjadi
c. Skala peta, menunjukan
perbandingan jarak sebenarnya terhadap peta sebenarnya.
d. Asosiasi areal, menunjukan
hubungan antar tempat yang memungkinkan terbentuknya wilayah formal.
e. Wilayah formal, merupakan
wilayah yang di tandai oleh kesamaan ciri-ciri atau fenomena. Sebagai contoh
wilayah karst di sulawesi selatan.
f. Interaksi keruangan,
menunjukan adanya hubungan antara suatu fakta dengan fakta lainnya dalam suatu
ruang atau wilayah. Melalui hubungan timbal balik, biasanya akan timbul fakta
baru. Contohnya, interaksi antara gempa dan gelombang tsunami yang
mengakibatkan kerusakan yang lebih besar.
g. Wilayah fungsional, adalah
wilayah-wilayang yang di tandai dengan fungsinya. Sebagai contoh, wilayah
perkotaan atau dearah aliran sungai
Tata Geografi
Untuk mengetahui ciri-ciri suatu daerah, perlu di bahas
tata geografi yang meliputi unsur fisik, unsut topologi, dan unsur biotik.
a. Pengaruh unsur fisik
• Iklim dan cuaca
Iklim dan cuaca dapat mempengaruhi jenis dan penyebaran
tumbuhan, jenis dan penyebaran hewan, vitalitas, dan aktivitas manusia
• Air
Pengaruh wilayah perairan bergantung pada jarak antara
wilayah perairan dan masyarakat. Air permukaan banyak digunakan untuk irigasi,
perikanan, dan pembangkit tenaga listrik.
• Relief dan tanah
Relief dan tanah sangat berpengaruh terhadap pemusatan
penduduk, jaringan jalan, biaya transpotasi, moda transportasi, jenis usaha
pertanian, dan ragam kebudayaan.
• barang tambang
keberadaan barang tambang, baik berupa minyak bumi,
mineral, atau gas alam, pada suatu dearah menyebabkan perbedaan perhatian
manusia terhadap daerah tersebut.
b. Pengaruh unsur topologi
• Pengaruh letak
Untuk dapat mengetahui keadaan geografis suatu tempat
degan baik, kita perlu mengetahui letak tempat atau daerah tersebut di
permukaan bumi. Dengan mengetahui hal ini, dapat di pahami berbagai hal
menyangkut daerah tersebut, seperti kehidupan penduduk, posisi daerah itu
terhadap daerah lain, latar belakang sejarah, serta berbagai fenomena yang
pernah atau akan terjadi pada daerah tersebut.
Letak astronomis, adalah letak suatu tempat di hubngkan
dengan posisi garis lintang dan garis bujur yang akan membentuk suatu titik
kordinat. Garis lintang adalah garis paralel pada bola bumi yang sejajar dengan
ekuator (khatulistiwa). Sedangkan gari bujur adalah semua garis yang
menghubungkan kutub utara dan kutub selatan, tegak lurus terhadap garis
lintang.
Letak geologis, adalah letak suatu daerah atau negara
berdasarkan struktur batuan yang ada pada kulit bumi
Letak geomorfologis, adalah letak berdasarkan morfologi
suatu tempat
Letak geografis, adalah letak suatu daerah di lihat dari
kenyataan atau posisi daerah tersebut di bumi di bandingan dengan posisi daerah
lain.
Letak maritim, letak suatu tempat di tinjau dari segi
kelautan
Letak ekonomis, letak suatu wilayah ditinjau dari
aktivitas dan interaksi ekonomi wilyah tersebut terhadap wilayah lain.
Letak sosiokultural, adalah letak berdasarkan keadaan
sosial dan budaya suatu daerah yang berkaitan dengan daerah di sekelilingnya.
• Pengaruh luas dan bentuk
Pada umumnya, suatu negara dengan wilayah yang luas akan
memperoleh keuntungan lebih banyak di bandingkan dengan wilayah yang sempit.
Negara dengan wilayah yang luas akan membarikan ruang hidup yang lebih luas
bagi peningkatan kesejahteraan penduduknya. Pembangunan ekonomi akan lebih
memungkinkan, terutama jika diikuti dengan teknologi modern.
Wujud suatu negara memiliki bentuk dan luas yang
bermacam-macam. Misalnya bulat, sempit memanjang, dan luas memanjang,
bentuk-bentuk tersebut sangat berpengaruh terhadap iklim setempat, strategi
pertahanan, dan keadaan ekonomi.
• Pengaruh batas
Terdapat dua macam batat, yaitu batas alam (seperti laut,
pegunungan, dan sungai) dan batas buatan (seperti tembok, tugu, dan pagar).
Suatu negara yang berbatasan dengan laut memerlukan pemikiran dan perencanaan
dalam pembangunan pelabuhan, perthanan, dan usaha perikanan. Bila suatu negara
berbatasan dengan negara yang lebih maju, negara terebut akan lebih di
untungkan. Negara yang belum maju dapat meminta bantuan di bidang pengetahuan
dan teknologi dari negara maju untuk melaksanakan pembangunan.
Dengan memahami geografis suatu daerah dapat diketahui
ciri-ciri khas daerah tersebut. Ciri-ciri khas yang di maksud adalah keadaan
alam, mata pencaharian, dan bentuk kehidupan penduduk, pemusatan dan penyebaran
penduduk, serta kebudayaan dan kehidupan sosial penduduk.
Dari uraian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa faktor
latak dan tat geografi menentukan keadaan fisik, sosial, budaya, dan
kelangsungan hidup penduduk di suatu daerah atau negara.
c. Pengaruh unsur biotik
Unsur biotik suatu lingkungan meliputi berbagai jenis
mahluk hidup yang terdapat di suatu wilayah.secara umum, unsur biotik terdiri
atas manusia, hewan, dan tumbuhan. Ketiga unsur tersebut saling berinteraksi
dengan lingkungan dan membantuk ekosistem, inteaksi antar komponen biotik
terjadi dalam bentuk hubungan makan memakan antara mahluk hidup yang berperan
sebagai konsumen dan produsen atau antara mahluk hidup yang sama-sama berperan
sebagi konsumen.
Keberadaan unsur biotik dalam
suatu lingkungan dipengaruhi oleh unsur fisik dan topologi. Sebagai contoh,
penyebaran tumbuhan di dunia di pengaruhi oleh iklim, curah hujan, jenis tanah,
air, dan sinar matahari. Keberagaman tumbuhan di suatu wilayah juga
mempengaruhi keberagaman jenis hewan yang hidup di wilayah tersebut. Daerah
dengan tumbuhan beragam, seperti hutan hujan tropis, mendukung kehidupan hewan
yang beragampula.
Di lain pihak, manusia sebagai
organisme yang paling dominan di bumi mampu mempengaruhi komponen biotik lain
maupun komponen abiotik. Sebagai contoh, manusia mampu mengolah tanah dan
menanam tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Manusia juga melakukan
aktivitas ekonomi sehingga melakukan pembangunan yang mengubah penampakan fisik
wilayah. Aktivitas manusia dapat pula mempengaruhi keberadaan komponen biotik
secara negatif dan mengganggu keseimbangan lingkungan. Sebagai contoh,
aktivitas penambangan dan penebangan hutan yang di lakukan menusia dapat
pengakibatkan pencemaran serta kerusakan lingkungan.
IV.
Kegiatan Pembelajaran :
Tujuan Pembelajaran
|
Materi Ajar
|
Model Pembelajaran
|
||
Tujuan Instruksional Umum
|
Tujuan Instruksional Khusus
|
|||
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa
mampu mengidentifikasi struktur geografi fisik, manusia, dan teknik.
|
mahasiswa mampu mengidentifikasi
struktur geografi fisik, manusia, dan teknik.
|
struktur
geografi
|
Model Pembelajaran Langsung, diskusi.
|
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
||||
Kegiatan Awal Pembelajaran
|
Kegiatan Inti Pembelajaran
|
Kegiatan Akhir Pembelajaran
|
||
Memberi
salam, berdoa,
dan mengecek keharian mahasiswa
|
Menjelaskan dan denginformasikan materi kepada mahasiswa,
mengenai struktur
geografi dalam bidang geografi fisik, manusia, dan teknik.
|
Pendidik memberikan meluruskan dan menjelasan kembali
mengenai materi yang belum di pahami
|
||
Memberikan bayangan mengenai materi yang akan di berikan dengan
cara memberikan apersepsi kepada mahasiswa
|
Mahasiswa mengamati
dan mencermati penjelasan dari dosen mengenai struktur geografi dalam bidang geografi
fisik, manusia, dan teknik.
|
Menyimpulkan materi mengenai
yang sudah diajarkan.
|
||
Memberikan Motivasi/
dorongan betapa besar manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan.
|
Melakukan tanya jawab mengenai materi yang disajikan
|
Pendidik memberikan tugas rumah mengenai struktur geografi
|
||
Menginformasikan
tujuan pembelajaran
(indikator)
|
Dosen memberikan kuis kepada mahasiswa menyangkut materi sebagai
bahan evaluasi.
|
Pendidik menutup
kegiatan pembelajaran
|
||
Alat Pembelajaran
|
Bahan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Pustaka
|
|
Laptop,
LCD
|
Media
Powerpoint
|
Pertanyaan, keberanian mengemukakan
pendapat, tugas
|
||
V.
Evaluasi :
Gorontalo,
04 Oktober
2015
Dosen
Pengampu
Ahmad Syamsu Rijal S., S.Pd, M.Pd
Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disini: Tutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!
.
.
0 komentar:
Post a Comment