.
.
Dosen Pengampu : Ahmad Syamsu Rijal
S., S.Pd, M.Pd
Program Studi : Geografi
Kode Mata Kuliah : GEO10522
Nama Mata Kuliah : Pengantar
Geografi
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : I (Satu)/ Ganjil
Pertemuan : IX (Sembilan)
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit
Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
I.
Standar
Kopetensi : Mahasiswa mampu memahami pengertian, perkembangan,
kedudukan Geografi, struktur dan cabang Geografi,
Pendekatan Geografi, objek studi geografi dan geosfer, teknik pengamtan dan
perekaman dalam geografi.
II.
Kopetensi
Dasar : Mahasiswa
dapat memahami pendekatan sistem atau
kewilayahan pada
geografi
Indikator
Pembelajaran : Mahasiswa
dapat mendeskripsikan pendekatan sistem atau kewilayahan pada geografi
III.
Materi Pembelajaran :
PENDEKATAN GEOGRAFI SISTEM (SYSTEM APPROACH)
Sistem itu memiliki pengertian
konotatif yang luas. Konsep sistem ini dapat diterapkan kepada rangkaian
gejala, dapat diterapkan kepada alat atau pesawat elektronik, dapat diterapkan
kepada susunan jasmaniah manusia. Kriteria utama dari suatu sistem bahwa
komponen atau subsistem yang membentuk sistem tersebut, harus membentuk suatu
rangkaian atau kesatuan yang tidak terpisah-pisahkan. Pada suatu sistem,
rangkaian komponen itu nilainya lebih tinggi daripada komponen yang
terpisahpisah.
Pendekatan sistem merupakan
metode berpikir sintetik yang diterapkan pada masalah yang merupakan suatu
sistem, sedangkan yang dimaksud dengan mode berpikir sintetik, yaitu mode
berpikir yang didasarkan atas doktrin ekspansionisme.
Doktrin ekspansionisme adalah
cara meninjau suatu benda atau suatu hal sebagai bagian dari keseluruhan yang
besar. Gejala yang berkaitan dengan gejala yang menjadi sorotan utama tadi
dapat ditetapkan sebagai subsistem dari gejala-gejala utamanya. Pendekatan dan
penelaahan gejala geografi utama dengan subsistemnya, ditinjau sebagai satu
kebulatan yang tidak terpisahkan satu sama lain.
Sebagai ilustrasi misalnya kita
menelaah suatu jenis pertanian yang kita tetapkan sebagai satu sistem. Jika
pertanian kita tetapkan sebagai satu sistem, gejala-gejala yang berhubungan
dengan pertanian tadi, kita tetapkan sebagai subsistemnya. Contoh, tanah dengan
kesuburannya, keadaan hidrografi dengan distribusi dan fluktuasi airnya, cuaca
dengan segala unsur dan perubahannya, manusia dengan segala aktivitasnya,
teknologi dengan segala perlengkapannya, dan lain-lain.
Pendekatan sistem seperti di
atas, dapat ditetapkan pada sistem keruangan industri, pemukiman, perkotaan,
pelabuhan, jaringan komunikasitransportasi, dan lain-lainnya.
IV.
Kegiatan Pembelajaran :
Tujuan Pembelajaran
|
Materi Ajar
|
Model Pembelajaran
|
||
Tujuan Instruksional Umum
|
Tujuan Instruksional Khusus
|
|||
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa
mampu mendeksripsikan pendekatan sistem atau kewilayahan pada geografi
|
mahasiswa mampu
mendeskripsikan pendekatan sistem atau kewilayahan pada geografi
|
pendekatan sistem atau kewilayahan pada
geografi
|
Model Pembelajaran Langsung, diskusi.
|
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
||||
Kegiatan Awal Pembelajaran
|
Kegiatan Inti Pembelajaran
|
Kegiatan Akhir Pembelajaran
|
||
Memberi
salam, berdoa,
dan mengecek keharian mahasiswa
|
Menjelaskan dan denginformasikan materi kepada mahasiswa,
mengenai pendekatan sistem atau kewilayahan pada
geografi
|
Pendidik memberikan meluruskan dan menjelasan kembali
mengenai materi yang belum di pahami
|
||
Memberikan bayangan mengenai materi yang akan di berikan dengan
cara memberikan apersepsi kepada mahasiswa
|
Mahasiswa mengamati
dan mencermati penjelasan dari dosen mengenai pendekatan sistem
atau kewilayahan pada geografi
|
Menyimpulkan materi mengenai
yang sudah diajarkan.
|
||
Memberikan Motivasi/
dorongan betapa besar manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan.
|
Melakukan tanya jawab mengenai materi yang disajikan
|
Pendidik memberikan tugas rumah mengenai pendekatan sistem atau kewilayahan pada geografi
|
||
Menginformasikan
tujuan pembelajaran
(indikator)
|
Dosen memberikan kuis kepada mahasiswa menyangkut materi sebagai
bahan evaluasi.
|
Pendidik menutup
kegiatan pembelajaran
|
||
Alat Pembelajaran
|
Bahan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Pustaka
|
|
Laptop,
LCD
|
Media
Powerpoint
|
Pertanyaan, keberanian mengemukakan
pendapat, tugas
|
||
V.
Evaluasi :
Gorontalo,
04 Oktober
2015
Dosen
Pengampu
Ahmad Syamsu Rijal S., S.Pd, M.Pd
Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disini: Tutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!
.
.
0 komentar:
Post a Comment