SAP VIII Pengantar Geografi

.
.
Dosen Pengampu        : Ahmad Syamsu Rijal S., S.Pd, M.Pd
Program Studi             : Geografi
Kode Mata Kuliah      : GEO10522
Nama Mata Kuliah      : Pengantar Geografi
Jumlah SKS                : 2 SKS
Semester                      : I (Satu)/ Ganjil
Pertemuan                   : IX (Sembilan)
Alokasi Waktu            : 2 x 50 menit
Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
I.         Standar Kopetensi         : Mahasiswa mampu memahami pengertian, perkembangan,
kedudukan Geografi, struktur dan cabang Geografi, Pendekatan Geografi, objek studi geografi dan geosfer, teknik pengamtan dan perekaman dalam geografi.
II.      Kopetensi Dasar             : Mahasiswa dapat memahami pendekatan sistem atau
kewilayahan pada geografi
Indikator Pembelajaran    : Mahasiswa dapat mendeskripsikan pendekatan sistem atau kewilayahan pada geografi
III. Materi Pembelajaran      :
PENDEKATAN GEOGRAFI SISTEM (SYSTEM APPROACH)
Sistem itu memiliki pengertian konotatif yang luas. Konsep sistem ini dapat diterapkan kepada rangkaian gejala, dapat diterapkan kepada alat atau pesawat elektronik, dapat diterapkan kepada susunan jasmaniah manusia. Kriteria utama dari suatu sistem bahwa komponen atau subsistem yang membentuk sistem tersebut, harus membentuk suatu rangkaian atau kesatuan yang tidak terpisah-pisahkan. Pada suatu sistem, rangkaian komponen itu nilainya lebih tinggi daripada komponen yang terpisahpisah.
Pendekatan sistem merupakan metode berpikir sintetik yang diterapkan pada masalah yang merupakan suatu sistem, sedangkan yang dimaksud dengan mode berpikir sintetik, yaitu mode berpikir yang didasarkan atas doktrin ekspansionisme.
Doktrin ekspansionisme adalah cara meninjau suatu benda atau suatu hal sebagai bagian dari keseluruhan yang besar. Gejala yang berkaitan dengan gejala yang menjadi sorotan utama tadi dapat ditetapkan sebagai subsistem dari gejala-gejala utamanya. Pendekatan dan penelaahan gejala geografi utama dengan subsistemnya, ditinjau sebagai satu kebulatan yang tidak terpisahkan satu sama lain.
Sebagai ilustrasi misalnya kita menelaah suatu jenis pertanian yang kita tetapkan sebagai satu sistem. Jika pertanian kita tetapkan sebagai satu sistem, gejala-gejala yang berhubungan dengan pertanian tadi, kita tetapkan sebagai subsistemnya. Contoh, tanah dengan kesuburannya, keadaan hidrografi dengan distribusi dan fluktuasi airnya, cuaca dengan segala unsur dan perubahannya, manusia dengan segala aktivitasnya, teknologi dengan segala perlengkapannya, dan lain-lain.
Pendekatan sistem seperti di atas, dapat ditetapkan pada sistem keruangan industri, pemukiman, perkotaan, pelabuhan, jaringan komunikasitransportasi, dan lain-lainnya.
IV. Kegiatan Pembelajaran :
Tujuan Pembelajaran
Materi Ajar
Model Pembelajaran
Tujuan Instruksional Umum
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu mendeksripsikan pendekatan sistem atau kewilayahan pada geografi
mahasiswa mampu mendeskripsikan pendekatan sistem atau kewilayahan pada geografi
pendekatan sistem atau kewilayahan pada geografi
Model Pembelajaran Langsung, diskusi.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal Pembelajaran
Kegiatan Inti Pembelajaran
Kegiatan Akhir Pembelajaran
Memberi salam, berdoa, dan mengecek keharian mahasiswa
Menjelaskan dan denginformasikan materi kepada mahasiswa, mengenai pendekatan sistem atau kewilayahan pada geografi
 Pendidik memberikan meluruskan dan menjelasan kembali mengenai materi yang belum di pahami
Memberikan bayangan mengenai materi yang akan di berikan dengan cara memberikan apersepsi kepada mahasiswa
Mahasiswa mengamati dan mencermati penjelasan dari dosen mengenai pendekatan sistem atau kewilayahan pada geografi
 Menyimpulkan materi mengenai yang sudah diajarkan.
Memberikan Motivasi/ dorongan betapa besar manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan.
Melakukan tanya jawab mengenai materi yang disajikan
Pendidik memberikan tugas rumah mengenai pendekatan sistem atau kewilayahan pada geografi
 Menginformasikan tujuan pembelajaran (indikator)
Dosen memberikan kuis kepada mahasiswa menyangkut materi sebagai bahan evaluasi.
 Pendidik menutup kegiatan pembelajaran
Alat Pembelajaran
Bahan Pembelajaran
Penilaian
Pustaka
Laptop, LCD
Media Powerpoint
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat, tugas
V.    Evaluasi                           :
Gorontalo, 04 Oktober 2015
Dosen Pengampu


Ahmad Syamsu Rijal S., S.Pd, M.Pd
File Word-nya bisa unduh di sini                 SAP VIII Pengantar Geografi

Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disiniTutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..! 
.
.

0 komentar: