.
.
Oleh : Dr. Sunarty S. Eraku. M.Pd, Wiwin Kobi, S.Pd, M.Pd, Windayani Ikas, S.Pd, M.Pd
Tempat : Gorontalo
Lembaga : Universitas Negeri Gorontalo
Tahun : 2016
Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
UNIVERSITAS
NEGERI GORONTALO
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
JURUSAN
ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN/PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
|
|||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
|
|||||||||
Mata Kuliah
|
Kode
|
Rumpun MK
|
Bobot (SKS)
|
Semester
|
Tgl Penyusunan
|
||||
Profesi
Kependidikan
|
2
|
IV
|
1 November
2016
|
||||||
Otorisasi
|
Dosen Pengembang RPS
|
Koordinator RMK
|
Ka Prodi
|
||||||
Dr.
Sunarty S. Eraku
|
Dr.
Sunarty S. Eraku
|
Dr.
Sunarty S. Eraku
|
|||||||
Capaian
Pembelajaran
(CP)
|
CPL-PRODI
|
||||||||
S2
S3
S8
KU1
KU2
KU7
KU8
|
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
Berkontribusi dalam peningkatan mutu
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan
Pancasila.
Menginternalisasi nilai, norma, dan
etika akademik;
Mampu menerapkan pemikiran logis,
kritis, sistimatis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi
ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora yang sesuai dengan bidang
Mampu menunjukkan kinerja mandiri,
bermutu, dan terukur;
Mampu memelihara dan mengembangkan
jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di
luar lembaganya
Mampu melakukan proses evaluasi diri
terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu
mengelola pembelajaran secara mandiri;
|
||||||||
CP-MK
|
|||||||||
M1
|
Mahasiswa mampu menjelaskan esesnsi
profesi guru ( S8)
|
||||||||
M2
|
Mahasiswa mampu memahami jenjang
karir profesi ( S3)
|
||||||||
M3
|
Mahasiswa mampu memahami pengembangan
profesi (KU1, )
|
||||||||
M4
|
Mahasiswa mampu menjelaskan etika dan
disiplin guru ( S2, KU2)
|
||||||||
M5
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
organisasi profesi guru ( KU7, KU9)
|
||||||||
Deskripsi
Singkat MK
|
Pada
mata kuliah ini mahasisiwa belajar tentang esensi profesi guru, jenjang
karir, pengembangan profesi, etika dan disiplin profesi guru, organisasi
profesi, profesi guru dai masa kemasa, dan penilai angka kredit
|
||||||||
Materi
Pembelajaran/ Pokok Bahasan
|
1.
Esensi profesi
guru Indonesia; pengertian profesi, profesi guru indonesia, ciri-ciri
profesi, perbedaan profesi guru dan non pendidikan
2.
Syarat-syarat
menjadi guru profesional
3.
Jenjang
karir; statatus guru, jenjang karier profesi guru
4.
Pengembangan
profesi: pengertian pengembangan keprofesian berkelanjutan, sistem
pengembangan keprofesian berkelanjutan
seseuai UUD
5.
Etika dan
disiplin profesi guru; kode etik guru, aturan disiplin guru sebagai PNS,
sanksi kode etik, peraturan pemerintah PGRI.
6.
Organisasi
profesi guru; organisasi profesi di Indonesia dan Dunia, tujuan organisasi,
7.
Profesi
guru dari masa-kemasa
8.
Profesi
guru di beberapa negara
9.
Penilaian
angka kredit.
|
||||||||
Pustaka
|
1.
Mustariadi.
2016. Profesi kependidikan. Yogyakarta: Deepublish
2.
Sutjipto. 2009. Profesi Keguruan. Bandung: Rineka Cipta
3.
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: RemajaRosdaKarya
4.
Abidin, Y. 2010.
Kompetensi Profesional
Pendidik Anak Usia Dini. Diktat Kuliah. Bandung:
UPI Kampus Cibiru
|
||||||||
Media
Pembelajaran
|
Perangkat Lunak
|
Perangkat Keras
|
|||||||
Powerpoint
|
LCD
|
||||||||
Team
Teaching
|
Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd, Wiwin
Kobi, S.Pd, M.Pd, Windayani Ika, S.Pd, M.Pd
|
||||||||
Mata
Kuliah Prasyarat
|
Minggu ke
|
Sub-CP-MK
(Sbg kemampuan akhir yg diharapkan)
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk Penilaian
|
Metode Pembelajaran
[Estimasi Waktu]
|
Materi Pembelajaran
[Pustaka]
|
Bobot Penilaian (%)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1,2
|
Mahasiswa mampu menjelaskan esensi profesi
guru [ C2, A2]
|
· Menjelaskan esensi profesi guru, ciri-ciri profesi.
· Menjelaskan perbedaan profesi guru dengan non pendidikan
|
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
non-test:
· Tulisan makalah
· presentasi
|
· Kuliah & Diskusi,
[ TM:
2x(2x50”)]
· Tugas -1 : menyusun ringkasan tentang esensi profesi guru
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
· Tugas -2: membedakan profesi dan pekerjaan beserta contoh
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
|
Pengertian profesi guru, ciri-ciri profesi,
profesi guru dengan non pendidikan
|
10
|
3,4
|
Mahasiswa
memahami Syarat-syarat menjadi guru profesional [C2,A2]
|
· Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep profesi
· Mahasiswa mampu menjelaskan cirri-ciri guru
yang professional
· Mahasiswa mampu menerangkan kompetensi yang
harus dimiiki guru
|
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
non-test:
· Tulisan makalah
presentasi
|
· Kuliah & Diskusi,
[ TM:
2x(2x50”)]
· Tugas -3 : menyusun ringkasan tentang syarat-syarat menjadi guru
profesional
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
· Tugas -4: menerangkan kompetensi yang dimiliki guru
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
|
10
|
|
5
|
Mahasisiwa mampu menjelaskan jenjang karir
profesi guru
[ C2, A2]
|
· menjelaskan jenjang karir guru
· Kenaikan pangkat profesi, masa jabatan profesi
|
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
non-test:
· Tulisan makalah
· presentasi
|
· Kuliah & Diskusi,
[ TM: 1x(2x50”)]
· Tugas -5 : menyusun ringkasan tentang jenjang karir profesi guru
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
· Tugas -6: menerangkan kompetensi yang dimiliki guru
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
|
Status guru PNS dan non PNS , jenjang karir,
syarat kenaikan pangkat, masa jabatan profesi.
|
10
|
6.
|
Mahasiswa dapat memahami pengembangan
profesi berkelanjutan
[ C2, A2]
|
· Ketepatan menjelaskan pengertian pengembangan keprofesian
berkelanjutan
· Ketepatan menjelaskan pelaksanaan pengembangan keprofesian
berkelanjutan , sistem pengembangan keprofesian brkelanjutan.
|
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
non-test:
· Tulisan makalah
presentasi
|
· Kuliah & Diskusi,
[ TM: 1x(2x50”)]
· Tugas -7 : menyusun ringkasan pengembangan keprofesian
berkelanjutan
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
|
Pengertian pengembangan keprofesian
berkelanjutan , sistem pengembangan profesi berkelanjutan
|
20
|
7
|
Mahasisiwa dapat memahami etika, disiplin
dan sanksi profesi guru
[ C2, A2]
|
· Ketepatan Menjelaskan pengertian kode etik
keguruan
· Ketepatan
menjelaskan Tujuan kode etik
· Ketepatan
menerangkan bagaimana penetapan kode etik
· Ketepatan menjelaskan sanksi pelanggaran
kode etik
|
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
non-test:
· Tulisan makalah
Presentasi
|
· Kuliah & Diskusi,
[ TM: 1x(2x50”)]
· Tugas -7 : menyusun ringkasan etika profesi guru
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
|
Pengertian
kode etik, Tujuan kode etik, Penetapan kode etik, Kode etik guru indonesia,
Sanksi pelanggaran kode etik
|
10
|
8
|
Evaluasi tengah
semester: melakukan validasi hasil penilaian, e valuasi dan perbaikan proses
pembelajaran berikutnya
|
|||||
9,10
|
Mahasiswa
memahami Organisasi profesi keguruan
[C2,
A2]
|
· Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Organisasi Profesi Keguruan
· Mahasiswa mampu menjelaskan Fungsi Organisasi Profesi
Keguruan
· Mahasiswa mampu menerangkan Tujuan Organisasi Profesi
Keguruan
· Mahasiswa mampu menjelaskan Jenis-jenis Organisasi Profesi
Keguruan yang Ada di Indonesia
· Mahasiswa mampu menjelaskan Ruang Lingkup Organisasi
Profesi Keguruan
|
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
non-test:
· Tulisan makalah
presentasi
|
· Kuliah & Diskusi,
[ TM:
2x(2x50”)]
· Tugas -8 : menyusun ringkasan tentang organisasi profesi guru
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
· Tugas -9: menuliskan orgnisasi profesi guru di indonesia dan di
luar negeri
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
|
Organisasi
Profesi Keguruan, Fungsi Organisasi Profesi Keguruan, Tujuan
Organisasi Profesi Keguruan, Jenis-jenis Organisasi Profesi Keguruan yang Ada
di Indonesia, Ruang Lingkup Organisasi Profesi Keguruan
|
10
|
11,12
|
Mahasiswa dapat menguraikan perbedaan profesi
guru dari masa-kemasa
|
· Profesi guru sebelum kemerdekaan
· Profesi guru pada orde lama dan orde baru
· Profesi guru pada masa sekarang
|
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
non-test:
· Tulisan makalah
Presentasi
|
· Kuliah & Diskusi,
[ TM:
2x(2x50”)]
· Tugas -10 : menyusun ringkasan tentang profesi guru dari masa
kemasa
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
·
Tugas -11: menuliskan contoh tugas
guru sebelum kemerdekaan
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
|
profesi guru dari masa-kemasa
|
10
|
13,14
|
Mahasiswa dapat menguraikan perbedaan
profesi guru berbagai negara
|
· Profesi guru di negara maju
· Profesi guru di negara berkembang
|
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
non-test:
· Tulisan makalah
Presentasi
|
· Kuliah & Diskusi,
[ TM:
2x(2x50”)]
· Tugas -12 : menyusun ringkasan tentang profesi guru di negara
maju dan berkembang
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
·
Tugas -13: tugas guru di negara maju
dan negara berkembang
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]
|
profesi guru berbagai negara
|
10
|
15
|
Mahasiswa dapat menjelaskan penilain angka
kredit
|
· Peraturan menteri tentang
PAK
· Unsur-unsur PAK
· Point tiap unsur PAK
|
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
non-test:
· Tulisan makalah
Presentasi
|
· Kuliah & Diskusi,
[ TM: 1x(2x50”)]
· Tugas -14 : menyusun ringkasan tentang penilain angka kredit
[ BT+BM:
(1+1)x(2x60”)]
|
Pengertian penilain angka kredit,Peraturan
menteri tentang PAK,Unsur-unsur PAK, Point tiap unsur PAK
|
10
|
16
|
Evaluasi akhir
semester: melakukan validasi akhir dan menentukan kelulusan mahasiswa
|
File Word-nya bisa unduh di sini : RPS Profesi Pendidikan
Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disini: Tutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!
Silahkan kirim pesan ke email/WA saya apabila anda benar-benar membutuhkan file ini..!
.
.
0 komentar:
Post a Comment