RPS Profesi Kependidikan Program Studi Geografi

.
.
Oleh        : Dr. Sunarty S. Eraku. M.Pd, Wiwin Kobi, S.Pd, M.Pd, Windayani Ikas, S.Pd, M.Pd
Tempat    : Gorontalo
Lembaga : Universitas Negeri Gorontalo
Tahun      : 2016

Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
/

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN/PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata Kuliah
Kode
Rumpun MK
Bobot (SKS)
Semester
Tgl Penyusunan
Profesi Kependidikan


2
IV
1 November 2016
Otorisasi
Dosen Pengembang RPS
Koordinator RMK
Ka Prodi




Dr. Sunarty S. Eraku




Dr. Sunarty S. Eraku




Dr. Sunarty S. Eraku
Capaian
Pembelajaran (CP)
CPL-PRODI

S2

S3

S8
KU1


KU2
KU7

KU8

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistimatis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
CP-MK

M1
Mahasiswa mampu menjelaskan esesnsi profesi guru ( S8)
M2
Mahasiswa mampu memahami jenjang karir profesi ( S3)
M3
Mahasiswa mampu memahami pengembangan profesi (KU1, )
M4
Mahasiswa mampu menjelaskan etika dan disiplin guru ( S2, KU2)
M5
Mahasiswa mampu menjelaskan organisasi profesi guru ( KU7, KU9)
Deskripsi Singkat MK
Pada mata kuliah ini mahasisiwa belajar tentang esensi profesi guru, jenjang karir, pengembangan profesi, etika dan disiplin profesi guru, organisasi profesi, profesi guru dai masa kemasa, dan penilai angka kredit
Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan
1.     Esensi profesi guru Indonesia; pengertian profesi, profesi guru indonesia, ciri-ciri profesi, perbedaan profesi guru dan non pendidikan   
2.     Syarat-syarat menjadi guru profesional
3.     Jenjang karir; statatus guru, jenjang karier profesi guru
4.     Pengembangan profesi: pengertian pengembangan keprofesian berkelanjutan, sistem pengembangan keprofesian berkelanjutan  seseuai UUD
5.     Etika dan disiplin profesi guru; kode etik guru, aturan disiplin guru sebagai PNS, sanksi kode etik, peraturan pemerintah PGRI.
6.     Organisasi profesi guru; organisasi profesi di Indonesia dan Dunia, tujuan organisasi,
7.     Profesi guru dari masa-kemasa
8.     Profesi guru di beberapa negara
9.     Penilaian angka kredit.
Pustaka
1.   Mustariadi. 2016. Profesi kependidikan. Yogyakarta: Deepublish
2.   Sutjipto. 2009. Profesi Keguruan. Bandung: Rineka Cipta
3.   Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: RemajaRosdaKarya
4.   Abidin, Y. 2010. Kompetensi Profesional Pendidik Anak Usia Dini. Diktat Kuliah. Bandung: UPI Kampus Cibiru
Media Pembelajaran
Perangkat Lunak
Perangkat Keras
Powerpoint
LCD
Team Teaching
Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd, Wiwin Kobi, S.Pd, M.Pd, Windayani Ika, S.Pd, M.Pd
Mata Kuliah Prasyarat


Minggu ke
Sub-CP-MK
(Sbg kemampuan akhir yg diharapkan)
Indikator
Kriteria & Bentuk Penilaian
Metode Pembelajaran
[Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[Pustaka]
Bobot Penilaian (%)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1,2
Mahasiswa mampu menjelaskan esensi profesi guru [ C2, A2]
·  Menjelaskan esensi profesi guru, ciri-ciri profesi.
·  Menjelaskan perbedaan profesi guru dengan non pendidikan
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-test:
·  Tulisan makalah
·  presentasi
·      Kuliah & Diskusi,
[ TM: 2x(2x50”)]
·      Tugas -1 : menyusun ringkasan tentang esensi profesi guru
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]
·      Tugas -2: membedakan profesi dan pekerjaan beserta contoh
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]
Pengertian profesi guru, ciri-ciri profesi, profesi guru dengan non pendidikan
10
3,4
Mahasiswa memahami Syarat-syarat menjadi guru profesional [C2,A2]

·     Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep profesi
·     Mahasiswa mampu menjelaskan cirri-ciri guru yang professional
·     Mahasiswa mampu menerangkan kompetensi yang harus dimiiki guru

Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-test:
·  Tulisan makalah
presentasi
·      Kuliah & Diskusi,
[ TM: 2x(2x50”)]
·      Tugas -3 : menyusun ringkasan tentang syarat-syarat menjadi guru profesional
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]
·      Tugas -4: menerangkan kompetensi yang dimiliki guru
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]

10
5
 Mahasisiwa mampu menjelaskan jenjang karir profesi guru
[ C2, A2]
·  menjelaskan jenjang karir guru
·  Kenaikan pangkat profesi, masa jabatan profesi
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-test:
·  Tulisan makalah
·  presentasi
·      Kuliah & Diskusi,
[ TM: 1x(2x50”)]
·      Tugas -5 : menyusun ringkasan tentang jenjang karir profesi guru
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]
·      Tugas -6: menerangkan kompetensi yang dimiliki guru
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]

Status guru PNS dan non PNS , jenjang karir, syarat kenaikan pangkat, masa jabatan profesi.
10
6.
Mahasiswa dapat memahami pengembangan profesi berkelanjutan
[ C2, A2]
·  Ketepatan menjelaskan pengertian pengembangan keprofesian berkelanjutan
·  Ketepatan menjelaskan pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan , sistem pengembangan keprofesian brkelanjutan.
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-test:
·  Tulisan makalah
presentasi
·      Kuliah & Diskusi,
[ TM: 1x(2x50”)]
·      Tugas -7 : menyusun ringkasan pengembangan keprofesian berkelanjutan
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]


Pengertian pengembangan keprofesian berkelanjutan , sistem pengembangan profesi berkelanjutan
20
7
Mahasisiwa dapat memahami etika, disiplin dan sanksi profesi guru
[ C2, A2]
·  Ketepatan Menjelaskan pengertian kode etik keguruan
·  Ketepatan  menjelaskan Tujuan kode etik
·  Ketepatan  menerangkan bagaimana penetapan kode etik
·  Ketepatan menjelaskan sanksi pelanggaran kode etik
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-test:
·  Tulisan makalah
Presentasi
·      Kuliah & Diskusi,
[ TM: 1x(2x50”)]
·      Tugas -7 : menyusun ringkasan etika profesi guru
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]

Pengertian kode etik, Tujuan kode etik, Penetapan kode etik, Kode etik guru indonesia, Sanksi pelanggaran kode etik
10
8
Evaluasi tengah semester: melakukan validasi hasil penilaian, e valuasi dan perbaikan proses pembelajaran berikutnya
9,10
Mahasiswa memahami Organisasi profesi keguruan
[C2, A2]

·  Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian  Organisasi  Profesi Keguruan
·  Mahasiswa mampu menjelaskan Fungsi Organisasi Profesi Keguruan
·  Mahasiswa mampu menerangkan Tujuan Organisasi Profesi Keguruan
·  Mahasiswa mampu menjelaskan Jenis-jenis Organisasi Profesi Keguruan yang Ada di Indonesia
·  Mahasiswa mampu menjelaskan Ruang Lingkup Organisasi Profesi Keguruan
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-test:
·  Tulisan makalah
presentasi
·      Kuliah & Diskusi,
[ TM: 2x(2x50”)]
·      Tugas -8 : menyusun ringkasan tentang organisasi profesi guru
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]
·      Tugas -9: menuliskan orgnisasi profesi guru di indonesia dan di luar negeri
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]

Organisasi  Profesi Keguruan, Fungsi Organisasi Profesi Keguruan, Tujuan Organisasi Profesi Keguruan, Jenis-jenis Organisasi Profesi Keguruan yang Ada di Indonesia, Ruang Lingkup Organisasi Profesi Keguruan


10
11,12
Mahasiswa dapat menguraikan perbedaan profesi guru dari masa-kemasa
·  Profesi guru sebelum kemerdekaan
·  Profesi guru pada orde lama dan orde baru
·  Profesi guru pada masa sekarang
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-test:
·  Tulisan makalah
Presentasi
·      Kuliah & Diskusi,
[ TM: 2x(2x50”)]
·      Tugas -10 : menyusun ringkasan tentang profesi guru dari masa kemasa
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]
·      Tugas -11: menuliskan contoh tugas guru sebelum kemerdekaan
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]

profesi guru dari masa-kemasa
10
13,14
Mahasiswa dapat menguraikan perbedaan profesi guru berbagai negara
·  Profesi guru di negara maju
·  Profesi guru di negara berkembang
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-test:
·  Tulisan makalah
Presentasi
·      Kuliah & Diskusi,
[ TM: 2x(2x50”)]
·      Tugas -12 : menyusun ringkasan tentang profesi guru di negara maju dan berkembang
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]
·      Tugas -13: tugas guru di negara maju dan negara berkembang
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]
profesi guru berbagai negara
10
15
Mahasiswa dapat menjelaskan penilain angka kredit
·   Peraturan menteri tentang PAK
·  Unsur-unsur PAK
·  Point tiap unsur PAK
Kreteri:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk non-test:
·  Tulisan makalah
Presentasi
·      Kuliah & Diskusi,
[ TM: 1x(2x50”)]
·      Tugas -14 : menyusun ringkasan tentang penilain angka kredit
[ BT+BM: (1+1)x(2x60”)]

Pengertian penilain angka kredit,Peraturan menteri tentang PAK,Unsur-unsur PAK, Point tiap unsur PAK
10
16
Evaluasi akhir semester: melakukan validasi akhir dan menentukan kelulusan mahasiswa

File Word-nya bisa unduh di sini RPS Profesi Pendidikan Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disiniTutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!

Silahkan kirim pesan ke email/WA saya apabila anda benar-benar membutuhkan file ini..!
.
.

0 komentar: