RPS Geografi Desa Kota

.
.

Oleh        : Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd, Rusiyah, S.Pd, M.Sc
Tempat    : Gorontalo
Lembaga : Universitas Negeri Gorontalo
Tahun      : 2016
Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!


UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN/PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata Kuliah
Kode
Rumpun MK
Bobot (SKS)
Semester
Tgl Penyusunan
Geografi Desa Kota


2
III
1 November 2016
Otorisasi
Dosen Pengembang RPS
Koordinator RMK
Ka Prodi



Rusiyah, S.Pd, MSc



Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd



Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd
Capaian
Pembelajaran (CP)
CPL-PRODI

S9

P3

P4

KK3
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mampu menganalisis hubungan antar aspek manusia dalam geosfer untuk pembelajaran dan penelitian geografi
Mampu menganalisis bumi sebagai sistem dengan berbagai interaksi, interkoneksi dan implikasinya untuk pengambilan keputusan dalam  konteks literasi geografi
Mampu menentukan solusi permasalahan bumi sebagai sistem dengan menggunakan teori, pendekatan, prinsip Geografi untuk pengambilan keputusan secara bijak dan meningkatkan literasi geografi;
CP-MK

M1
Mahasiswa mampu  menjelaskan Pengertian, ruang lingkup, dan pendekatan geografi perdesaan.
M2
Mahasiswa mampu menjelaskan  ciri, unsur, fungsi, potensi desa
M3
Mahasiswa mampu menganalisis evolusi dan  pola pemukiman perdesaan
M4
Mahasiswa mampu menganalisis klasifikasi desa dan tipologi desa
M4
Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan daerah perdesaan
M5
Mahasiswa mampu menganalisis perencanaan dan pembangunan perdesaan
M6
Mahasiswa mampu menganalisis modernisasi dan pembinaan masyarakat
M7
Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian, ciri, ruang lingkup, dan pendekatan geografi perkotaan
M8
Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan dan klasifikasi perkotaan
M9
Mahasiswa mampu menganalisis struktur keruangan kota dan  teori-teori sebaran kota
M10
Mahasiswa mampu menganalisis urbanisasi, 
M11
Mahasiswa mampu menganalisis masalah perkotaan dan pemecahannya
M12
Mahasiswa mampu menganalisis Interaksi wilayah desa dan kota dan dampaknya
M13
Mahasiswa mampu menganalisis Perencanaan  dan pembangunan kota
Deskripsi Singkat MK
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang ciri-ciri desa dan kota, klasifikasi,  ruang lingkup,  tipologi desa dan klasifikasi kota, struktur keruangan, masalah yang dihadapi, perencanaan, dan pembangunannya. Melalui mata kuliah ini diharapkan  mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan dan wawasan tentang teori, masalah dan perencanaan, kemampuan menganalisis dan menerapkan teori-teori perkotaan/perdesaan bagi sarjana  pendidikan geografi sangat diperlukan, agar mahasiswa dapat  diterapkan dalam memecahkan masalah-masalah perkotaan/ perdesaan yang selama ini sedang berkembang.
Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan
1.      Pengertian, ruang lingkup, dan pendekatan geografi perdesaan.
2.      Ciri, unsur, fungsi, potensi desa
3.      Evolusi dan  pola pemukiman perdesaan
4.      Klasifikasi perdesaan dan tipologi desa
5.      Permasalah  daerah perdesaan
6.      Perencanaan  dan Pembangunan perdesaan
7.      Modernisasi dan pembinaan masyarakat desa
8.      Pengertian,  ciri, ruang lingkup, dan pendekatan geografi perkotaan
9.      Perkembangan dan klasifikasi perkotaan
10.   Struktur keruangan kota dan  Teori-teori Sebaran Kota
11.   Urbanisasi
12.   Permasalah perkotaan
13.   Interaksi desa-kota
14.   Perencanaan  dan pembangunan perkotaan
Pustaka
Austin, Honey & Eagle, 1987. Human Geography. Boulevard: West Publishing Company.
Bintarto, 1980. Geografi Perkotaan. Yogyakarta: UpSpring.
_______, 1980. Interaksi Desa Kota. Yogyakarta: UpSpring.
_______, 1977. Geografi Desa. Yogyakarta: UpSpring.
Brian Ilbury. 1997. The Geography of Rural Change. Longman.
Carter, Harold. 1995. The Study of Urban Geography. London: Arnold.
Charles Whynne Hammond. 1979. Element of Human Geography. George Allen and Unwin. London
Clout, H.D. 1972. Rural Geography: An Introductory. London
Daldjoeni, N., 1998. Geografi Kota Desa. Bandung: Alumni.
Garrett Nagle and Kris Spencer. 1997. Advanced Geography. Revision Handbook. Oxford
Gerald, Suttles, 1974. The Social Order of Slum. London.
Johara, T.Jayadinata. 1999. Tata Guna Tanah dalam Perencanaan Pedesaan-Perkotaan dan Wilayah. Penerbit ITB. Bandung
Johnson, 1972. Urban Geography. New York: Pargomon.
Hadi Sabari Yunus. 2001. Struktur Tata Ruang Kota. Pustaka Pelajar Yogyakarta
Mubyarto. 1986. Strategi Pembangunan Pedesaan. Pusat Studi Kependudukan dan Kawasan. UGM. Yogyakarta
Northan Ray, M., 1980. Urban Geography. New York: Willey & Sons.
Pacione, 1984. Rural Geography. London: Harper & Row Publishers.
_______, 1983. Progress in Rural Geography. London: Grown Helm.
Sumber dan Dokumen lain:
·         Jurnal
·         Internet
Media Pembelajaran
Perangkat Lunak
Perangkat Keras
Microsoft Word dan Microsoft Power Point
LCD dan Proyektor
Team Teaching
 Dr. Sunarti S. Eraku, M.pd, Rusiyah S.Pd, M.Sc dan Ika Windayani Pusrpitsari, S.Pd, M.Pd
Mata Kuliah Prasyarat
Tidak ada

Minggu ke
Sub-CP-MK
(Sbg kemampuan akhir yg diharapkan)
Indikator
Kriteria & Bentuk Penilaian
Metode Pembelajaran
[Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[Pustaka]
Bobot Penilaian (%)
1
2
3
4
5
6
7
1,2
Mahasiswa mampu   menjelaskan
pengertian ruang lingkup, pendekatan geografi perdesaan
Ketepatan   menjelaskan
pengertian ruang lingkup, pendekatan geografi perdesaan
Kriteria:
Ketepatan  meringkas, Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk  Non Test:
Ringkasan hasil rujukan
Kuliah dan diskusi,
[TM;2x(2x50”)]
·      Tugas 1: Studi pustaka dan meringkas pengertian, ruang lingkup dan pendekatan geografi perdesaan  
[BT+BM :(2+2)x(2x60”)]

·       Kontrak kuliah
·       Pembahasan RPS
·       Pengertian,ruang lingkup geografi perdesaan
a.     Pengertian geografi perdesaan
b.     Ruang lingkup geografi perdesaan
c.     Pendekatan geografi perdesaan
5
3
Mahasiswa mampu menjelaskan  ciri, unsur, fungsi, potensi desa.

Ketepatan  menjelaskan  ciri, unsur, fungsi, potensi desa.

Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk  Non Test:
Tulisan 
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
Kuliah dan diskusi,
[TM:1x(2x50”)]
·      Tugas 2:  membuat deskripsi  tentang potensi fisik dan non fisik daerah masing-masing

[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]


·       Ciri-ciri fisik wilayah pedesaan
·       Ciri-ciri non fisik wilayah pedesaan
·       Unsur-unsur desa
·       Fungsi Desa
·       Potensi Fisik dan Potensi non fisik suatu desa
10
4
Mahasiswa mampu menganalisis evolusi dan  pola pemukiman perdesaan

Ketepatan menganalisis evolusi dan  pola pemukiman perdesaan

Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk  Non Test:
Tulisan 
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
Kuliah dan diskusi,
[TM:1x(2x50”)]
·      Tugas 3:  membuat deskripsi  tentang  bentuk dan pola permukiman di daerah masing-masing

[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
·       Konsep permukiman
·       Bentuk wilayah perdesaan
·       Pola pemukiman di wilayah pedesaan pedesaan
·       Faktor yang berpengaruh
terhadap polapemukiman perdesaan



10
4
Mahasiswa mampu menganalisis klasifikasi desa danTipologi desa

Ketepatan menganalisis klasifikasi desa danTipologi desa

 Kriteria:
Ketepatan  meringkas, Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk  Non Test:
Ringkasan hasil rujukan
Kuliah dan diskusi
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 4:
·       Studi pustaka dan meringkas pengertian, ruang lingkup dan pendekatan geografi perdesaan  
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
·       Klasifikasi perdesaan
a.     Klasifikasi desa berdasarkan berbagai aktivitas matapencaharian
b.     Klasifikasi desa berdasarkan tingkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat
·       Tipologi desa
·       Perkembangan desa

5
5
Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan daerah pedesaan

Ketepatan menganalisis Permasalahan daerah pedesaan

Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk  Non Test:
Tulisan 
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
Kuliah dan diskusi kelompok kecil
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 5; studi kasus Permasalahan daerah perdesaan  dan pemecahannya daerah masing-masing
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]


·        Permasalahan daerah perdesaan akibat letak
·        Permasalahan daerah perdesaan berdasarkan potensi sumberdaya alam
·        Permasalahan daerah perdesaan berdasarkan sumberdaya manusia

5
6
Mahasiswa mampu menganalisis perencanaan dan pembangunan perdesaan
Ketepatan menganalisis perencanaan dan pembangunan perdesaan
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk  Non Test:
Tulisan  makalah
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
Kuliah dan diskusi kelompok 
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 6: menyusun makalah kelompok tentang perencanaan dan pembangunan perdesaan
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
·         Landasan pembangunan daerah perdesaan
·         Strategi pembangunan daerah perdesaan
·         Partisipasi masyarakat pedesaan dalam pembangunan
·         Kearifan lokal penunjang pembangunan perdesaan
10
7
Mahasiswa mampu menganalisis modernisasi dan pembinaan masyarakat desa
Ketepatan menganalisis modernisasi dan pembinaan masyarakat desa
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk  Non Test:
Tulisan  makalah
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
Kuliah dan diskusi kelompok 
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 7: menyusun makalah kelompok tentang  modernisasi dan pembinaan masyarakat desa
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]

·           Inovasi sosial dan pengaruhnya terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat pedesaan
·           Aplikasi Ilmu Pengetahuan dan teknologi untuk modernisasi pedesaan
5
8
Ujian Tengah semester: melakukan validasi hasil penilaian, evaluasi dan perbaikan proses pembelajaran berikutnya 
9
 Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian, ciri, ruang lingkup, dan pendekatan geografi perkotaan
Ketepatan menjelaskan Pengertian, ciri, ruang lingkup, dan pendekatan geografi perkotaan
Kriteria:
Ketepatan  meringkas, Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat

Kuliah dan diskusi
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 8:
 Studi pustaka dan meringkas pengertian, ruang lingkup dan pendekatan geografi perkotaan
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
·         Pengertian kota
·         Ruang lingkup
geografi perkotaan
·         Pendekatan
geografi perkotaan
5
10
Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan dan klasifikasi perkotaan

Ketepatan menganalisis perkembangan dan klasifikasi perkotaan
Ketepatan  meringkas, Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk  Non Test:
Ringkasan hasil rujukan
Kuliah dan diskusi,
[TM;2x(2x50”)]
·      Tugas 9: Studi pustaka dan meringkas  perkembangan dan klasifikasi perkotaan
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
·       Perkembangan Kota
·       Klasifikasi perkotaan
5
11
Mahasiswa mampu menganalisis struktur keruangan kota dan  Teori-teori Sebaran Kota
Ketepatan menganalisis struktur keruangan kota dan  Teori-teori Sebaran Kota
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk  Non Test:
Tulisan 
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
 Kuliah dan diskusi kelompok 
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 7: menyusun makalah kelompok tentang  modernisasi dan pembinaan masyarakat desa
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
·       Struktur daerah perkotaan
·       Beberapa teori persebaran kota
·       Pola pemukiman di daerah perkotaan
·       Teori-teori lokasi industri
10
12
Mahasiswa mampu menganalisis Urbanisasi, 

Ketepatan menganalisis Urbanisasi, 

Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk  Non Test:
Tulisan 
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
Kuliah dan diskusi kelompok 
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 7: menyusun makalah kelompok tentang  modernisasi dan pembinaan masyarakat desa
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]

·       Beberapa pengertian dan definisi urbanisasi
·       Faktor-faktor pendorong terjadinya urbanisasi
·       Faktor-faktor penarik terjadinya urbanisasi
·       Urbanisasi dan dampak terhadap lingkungan
·       Kebijaksanaan urbanisasi
·       Urbanisasi, suatu pendekatan teoritis
10
13
Mahasiswa mampu menganalisis masalah perkotaan dan pemecahannya

Ketepatan menganalisis masalah perkotaan dan pemecahannya
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan

Bentuk  Non Test:
Tulisan 
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
Kuliah dan diskusi kelompok kecil
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 12; studi kasus Permasalahan  di Kota Gorontalo
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]

·            Masalah-masalah perkotaan dan pemecahannya

14
Mahasiswa mampu menganalisis Interaksi wilayah desa dan kota dan dampaknya

Ketepatan menganalisis Interaksi wilayah desa dan kota dan  dampaknya

Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk  Non Test:
Tulisan 
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
Kuliah dan diskusi kelompok 
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 13: menyusun makalah kelompok tentang   Interaksi wilayah desa dan kota dan  dampaknya
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
·            Pengertian interaksi wilayah
·            Zone interaksi
·            Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi wilayah
·            Dampak interaksi terhadap perkembangan daerah pedesaan
·            Dampak interaksi terhadap perkembangan daerah pedesaan
·            Interaksi timbulkan perubahan sosial budaya masyarakat
10
15
Mahasiswa mampu menganalisis Perencanaan  dan pembangunan kota

Ketepatan mampu menganalisis Perencanaan  dan pembangunan kota

Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk  Non Test:
Tulisan 
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
Kuliah dan diskusi kelompok 
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 14: menyusun makalah kelompok tentang  Perencanaan  dan pembangunan kota

[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]

·       Perencanaan kota
·       Hubungan perencanaan kota dengan pembangunan desa
·       Landasan pembangunan daerah perkotaan
·       Strategi pembangunan daerah perkotaan
·       Partisipasi masyarakat pedesaan dalam pembangunan
·       Kearifan lokal penunjang pembangunan perkotaan
10
16
Ujian Akhir Semester: Melakukan validasi penilaian akhir dan menentukan kelulusan mahasiswa
 File Word-nya bisa unduh di sini RPS Geografi Desa Kota

Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disiniTutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!


Silahkan kirim pesan ke email/WA saya apabila anda benar-benar membutuhkan file ini..!
.
.

0 komentar: