.
.
Oleh : Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd, Rusiyah, S.Pd, M.Sc
Tempat : Gorontalo
Lembaga : Universitas Negeri Gorontalo
Tahun : 2016
Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disini: Tutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!
Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN/PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GEOGRAFI
|
|||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
|
|||||||||
Mata Kuliah
|
Kode
|
Rumpun MK
|
Bobot (SKS)
|
Semester
|
Tgl Penyusunan
|
||||
Geografi Desa Kota
|
2
|
III
|
1 November
2016
|
||||||
Otorisasi
|
Dosen Pengembang RPS
|
Koordinator RMK
|
Ka Prodi
|
||||||
Rusiyah,
S.Pd, MSc
|
Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd
|
Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd
|
|||||||
Capaian
Pembelajaran
(CP)
|
CPL-PRODI
|
||||||||
S9
P3
P4
KK3
|
Menunjukkan sikap bertanggungjawab
atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mampu menganalisis hubungan antar
aspek manusia dalam geosfer untuk pembelajaran dan penelitian geografi
Mampu
menganalisis bumi sebagai sistem dengan berbagai interaksi, interkoneksi dan
implikasinya untuk pengambilan keputusan dalam konteks literasi geografi
Mampu
menentukan solusi permasalahan bumi sebagai sistem dengan menggunakan teori,
pendekatan, prinsip Geografi untuk pengambilan keputusan secara bijak dan
meningkatkan literasi geografi;
|
||||||||
CP-MK
|
|||||||||
M1
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan Pengertian,
ruang lingkup, dan pendekatan geografi perdesaan.
|
||||||||
M2
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan ciri, unsur, fungsi, potensi desa
|
||||||||
M3
|
Mahasiswa mampu menganalisis
evolusi dan pola pemukiman perdesaan
|
||||||||
M4
|
Mahasiswa mampu menganalisis klasifikasi desa dan
tipologi desa
|
||||||||
M4
|
Mahasiswa
mampu menganalisis Permasalahan daerah perdesaan
|
||||||||
M5
|
Mahasiswa mampu menganalisis perencanaan dan pembangunan perdesaan
|
||||||||
M6
|
Mahasiswa mampu menganalisis modernisasi dan pembinaan
masyarakat
|
||||||||
M7
|
Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian, ciri, ruang lingkup, dan pendekatan geografi perkotaan
|
||||||||
M8
|
Mahasiswa
mampu menganalisis perkembangan dan klasifikasi perkotaan
|
||||||||
M9
|
Mahasiswa mampu menganalisis struktur
keruangan kota dan teori-teori sebaran
kota
|
||||||||
M10
|
Mahasiswa
mampu menganalisis urbanisasi,
|
||||||||
M11
|
Mahasiswa
mampu menganalisis masalah perkotaan dan pemecahannya
|
||||||||
M12
|
Mahasiswa mampu menganalisis Interaksi wilayah desa dan kota
dan dampaknya
|
||||||||
M13
|
Mahasiswa mampu menganalisis
Perencanaan dan pembangunan
kota
|
||||||||
Deskripsi
Singkat MK
|
Pada mata kuliah ini mahasiswa
belajar tentang ciri-ciri desa dan kota, klasifikasi, ruang lingkup, tipologi desa dan klasifikasi kota,
struktur keruangan, masalah yang dihadapi, perencanaan, dan pembangunannya.
Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan
dan wawasan tentang teori, masalah dan perencanaan, kemampuan menganalisis
dan menerapkan teori-teori perkotaan/perdesaan bagi sarjana pendidikan geografi sangat diperlukan, agar
mahasiswa dapat diterapkan dalam
memecahkan masalah-masalah perkotaan/ perdesaan yang selama ini sedang
berkembang.
|
||||||||
Materi
Pembelajaran/ Pokok Bahasan
|
1.
Pengertian,
ruang lingkup, dan pendekatan geografi perdesaan.
2. Ciri, unsur,
fungsi, potensi desa
3. Evolusi dan
pola pemukiman perdesaan
4.
Klasifikasi
perdesaan dan tipologi
desa
5.
Permasalah daerah perdesaan
6.
Perencanaan dan Pembangunan perdesaan
7.
Modernisasi
dan pembinaan masyarakat desa
8.
Pengertian, ciri, ruang lingkup, dan pendekatan
geografi perkotaan
9.
Perkembangan
dan klasifikasi perkotaan
10.
Struktur keruangan kota dan
Teori-teori Sebaran Kota
11.
Urbanisasi
12.
Permasalah
perkotaan
13.
Interaksi
desa-kota
14.
Perencanaan dan pembangunan perkotaan
|
||||||||
Pustaka
|
Austin, Honey & Eagle, 1987. Human Geography. Boulevard: West
Publishing Company.
Bintarto, 1980. Geografi Perkotaan. Yogyakarta: UpSpring.
_______, 1980. Interaksi Desa Kota. Yogyakarta: UpSpring.
_______, 1977. Geografi Desa. Yogyakarta: UpSpring.
Brian Ilbury. 1997. The Geography
of Rural Change. Longman.
Carter, Harold. 1995. The Study of Urban Geography. London:
Arnold.
Charles Whynne Hammond. 1979. Element of Human Geography.
George Allen and Unwin. London
Clout, H.D. 1972. Rural Geography: An Introductory.
London
Daldjoeni, N., 1998. Geografi
Kota Desa. Bandung: Alumni.
Garrett Nagle and Kris Spencer. 1997.
Advanced Geography. Revision Handbook. Oxford
Gerald, Suttles, 1974. The Social Order of Slum. London.
Johara, T.Jayadinata. 1999. Tata
Guna Tanah dalam Perencanaan Pedesaan-Perkotaan dan Wilayah. Penerbit
ITB. Bandung
Johnson, 1972. Urban Geography. New York: Pargomon.
Hadi Sabari Yunus. 2001. Struktur Tata Ruang Kota.
Pustaka Pelajar Yogyakarta
Mubyarto. 1986. Strategi
Pembangunan Pedesaan. Pusat Studi Kependudukan dan Kawasan. UGM.
Yogyakarta
Northan Ray, M., 1980. Urban Geography. New York: Willey
& Sons.
Pacione, 1984. Rural Geography. London: Harper & Row Publishers.
_______, 1983. Progress in Rural Geography. London: Grown Helm.
Sumber dan Dokumen lain:
·
Jurnal
·
Internet
|
||||||||
Media
Pembelajaran
|
Perangkat Lunak
|
Perangkat Keras
|
|||||||
Microsoft
Word dan Microsoft Power Point
|
LCD dan Proyektor
|
||||||||
Team
Teaching
|
Dr. Sunarti S. Eraku, M.pd, Rusiyah S.Pd,
M.Sc dan Ika Windayani Pusrpitsari, S.Pd, M.Pd
|
||||||||
Mata
Kuliah Prasyarat
|
Tidak ada
|
||||||||
Minggu ke
|
Sub-CP-MK
(Sbg kemampuan akhir yg diharapkan)
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk Penilaian
|
Metode Pembelajaran
[Estimasi Waktu]
|
Materi Pembelajaran
[Pustaka]
|
Bobot Penilaian (%)
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
1,2
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
pengertian ruang lingkup, pendekatan
geografi perdesaan
|
Ketepatan menjelaskan
pengertian ruang
lingkup, pendekatan geografi perdesaan
|
Kriteria:
Ketepatan meringkas, Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk
Non Test:
Ringkasan hasil
rujukan
|
Kuliah dan diskusi,
[TM;2x(2x50”)]
· Tugas 1: Studi pustaka dan meringkas pengertian,
ruang lingkup dan pendekatan geografi perdesaan
[BT+BM :(2+2)x(2x60”)]
|
·
Kontrak kuliah
·
Pembahasan RPS
·
Pengertian,ruang lingkup geografi perdesaan
a. Pengertian geografi perdesaan
b.
Ruang lingkup geografi perdesaan
c.
Pendekatan geografi perdesaan
|
5
|
|
3
|
Mahasiswa mampu
menjelaskan ciri, unsur, fungsi, potensi desa.
|
Ketepatan menjelaskan
ciri, unsur, fungsi, potensi desa.
|
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
Non Test:
Tulisan
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
|
Kuliah dan diskusi,
[TM:1x(2x50”)]
· Tugas 2: membuat
deskripsi tentang potensi fisik dan
non fisik daerah masing-masing
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
|
10
|
|
4
|
Mahasiswa mampu menganalisis evolusi dan pola pemukiman perdesaan
|
Ketepatan menganalisis evolusi dan pola
pemukiman perdesaan
|
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
Non Test:
Tulisan
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
|
Kuliah dan diskusi,
[TM:1x(2x50”)]
· Tugas 3: membuat deskripsi tentang
bentuk dan pola permukiman di daerah masing-masing
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
·
Konsep permukiman
·
Bentuk wilayah perdesaan
·
Pola pemukiman di wilayah pedesaan pedesaan
·
Faktor yang berpengaruh
terhadap polapemukiman perdesaan
|
10
|
|
4
|
Mahasiswa mampu menganalisis klasifikasi desa danTipologi desa
|
Ketepatan menganalisis klasifikasi desa danTipologi desa
|
Kriteria:
Ketepatan meringkas, Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk
Non Test:
Ringkasan hasil
rujukan
|
Kuliah dan diskusi
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 4:
· Studi pustaka dan meringkas pengertian, ruang lingkup dan pendekatan geografi perdesaan
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
·
Klasifikasi perdesaan
a.
Klasifikasi desa berdasarkan
berbagai aktivitas matapencaharian
b.
Klasifikasi desa berdasarkan
tingkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat
·
Tipologi desa
·
Perkembangan desa
|
5
|
|
5
|
Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan daerah pedesaan
|
Ketepatan menganalisis Permasalahan daerah pedesaan
|
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
Non Test:
Tulisan
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
|
Kuliah dan diskusi kelompok kecil
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 5; studi kasus Permasalahan daerah perdesaan dan pemecahannya
daerah masing-masing
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
|
5
|
|
6
|
Mahasiswa mampu menganalisis perencanaan dan
pembangunan perdesaan
|
Ketepatan menganalisis perencanaan dan pembangunan
perdesaan
|
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
Non Test:
Tulisan
makalah
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
|
Kuliah dan diskusi kelompok
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 6: menyusun makalah kelompok tentang perencanaan dan pembangunan perdesaan
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
·
Landasan pembangunan daerah perdesaan
·
Strategi pembangunan daerah perdesaan
·
Partisipasi masyarakat pedesaan
dalam pembangunan
·
Kearifan lokal penunjang
pembangunan perdesaan
|
10
|
|
7
|
Mahasiswa
mampu menganalisis modernisasi
dan pembinaan masyarakat desa
|
Ketepatan menganalisis modernisasi dan
pembinaan masyarakat desa
|
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
Non Test:
Tulisan
makalah
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
|
Kuliah dan diskusi kelompok
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 7: menyusun makalah kelompok
tentang modernisasi dan pembinaan
masyarakat desa
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
·
Inovasi sosial dan pengaruhnya
terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat pedesaan
·
Aplikasi Ilmu Pengetahuan dan
teknologi untuk modernisasi pedesaan
|
5
|
|
8
|
Ujian
Tengah semester: melakukan validasi hasil
penilaian, evaluasi dan perbaikan proses pembelajaran berikutnya
|
||||||
9
|
Mahasiswa mampu menjelaskan Pengertian, ciri, ruang
lingkup, dan pendekatan geografi perkotaan
|
Ketepatan
menjelaskan Pengertian, ciri, ruang lingkup, dan pendekatan geografi
perkotaan
|
Kriteria:
Ketepatan meringkas, Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat
|
Kuliah dan diskusi
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 8:
Studi pustaka dan meringkas pengertian, ruang lingkup dan pendekatan geografi perkotaan
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
·
Pengertian kota
·
Ruang lingkup
geografi perkotaan
·
Pendekatan
geografi
perkotaan
|
5
|
|
10
|
Mahasiswa mampu
menganalisis perkembangan dan klasifikasi perkotaan
|
Ketepatan
menganalisis perkembangan dan klasifikasi perkotaan
|
Ketepatan meringkas, Pertanyaan,
keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk
Non Test:
Ringkasan hasil
rujukan
|
Kuliah dan diskusi,
[TM;2x(2x50”)]
· Tugas 9: Studi pustaka dan meringkas perkembangan dan klasifikasi perkotaan
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
· Perkembangan Kota
· Klasifikasi perkotaan
|
5
|
|
11
|
Mahasiswa mampu menganalisis struktur keruangan kota dan Teori-teori Sebaran Kota
|
Ketepatan menganalisis struktur keruangan kota dan
Teori-teori Sebaran Kota
|
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
Non Test:
Tulisan
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
|
Kuliah dan diskusi kelompok
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 7: menyusun makalah kelompok
tentang modernisasi dan pembinaan
masyarakat desa
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
·
Struktur daerah perkotaan
·
Beberapa teori persebaran kota
·
Pola pemukiman di daerah
perkotaan
·
Teori-teori lokasi industri
|
10
|
|
12
|
Mahasiswa mampu menganalisis Urbanisasi,
|
Ketepatan menganalisis Urbanisasi,
|
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
Non Test:
Tulisan
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
|
Kuliah dan diskusi kelompok
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 7: menyusun makalah kelompok
tentang modernisasi dan pembinaan
masyarakat desa
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
· Beberapa pengertian dan definisi urbanisasi
· Faktor-faktor pendorong terjadinya urbanisasi
· Faktor-faktor penarik terjadinya urbanisasi
· Urbanisasi dan dampak terhadap lingkungan
· Kebijaksanaan urbanisasi
· Urbanisasi, suatu pendekatan teoritis
|
10
|
|
13
|
Mahasiswa mampu
menganalisis masalah perkotaan dan pemecahannya
|
Ketepatan menganalisis masalah perkotaan dan
pemecahannya
|
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
Non Test:
Tulisan
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
|
Kuliah dan diskusi kelompok kecil
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 12; studi
kasus Permasalahan di
Kota Gorontalo
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
·
Masalah-masalah perkotaan dan
pemecahannya
|
||
14
|
Mahasiswa mampu menganalisis Interaksi wilayah desa dan kota dan dampaknya
|
Ketepatan menganalisis Interaksi
wilayah desa dan kota dan
dampaknya
|
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
Non Test:
Tulisan
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
|
Kuliah dan diskusi kelompok
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 13: menyusun makalah kelompok tentang Interaksi wilayah desa dan kota dan dampaknya
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
·
Pengertian interaksi wilayah
·
Zone interaksi
·
Faktor-faktor yang mempengaruhi
terjadinya interaksi wilayah
·
Dampak interaksi terhadap
perkembangan daerah pedesaan
·
Dampak interaksi terhadap
perkembangan daerah pedesaan
·
Interaksi timbulkan perubahan
sosial budaya masyarakat
|
10
|
|
15
|
Mahasiswa mampu menganalisis
Perencanaan dan pembangunan
kota
|
Ketepatan mampu menganalisis
Perencanaan dan pembangunan
kota
|
Kriteria:Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
Non Test:
Tulisan
Presentasi,
keberanian mengemukakan pendapat
|
Kuliah dan diskusi kelompok
[TM:1x(2x50”)]
Tugas 14: menyusun makalah kelompok
tentang Perencanaan dan pembangunan
kota
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
|
10
|
|
16
|
Ujian
Akhir Semester: Melakukan validasi penilaian
akhir dan menentukan kelulusan mahasiswa
|
Catatan:
Silahkan kirim pesan ke email/WA saya apabila anda benar-benar membutuhkan file ini..!
.
.
0 komentar:
Post a Comment