.
.
Oleh : Dr. Sunarty S. Eraku. M.Pd, Ahmad Syamsu Rijal S, S.Pd, M.Pd
Tempat : Gorontalo
Lembaga : Universitas Negeri Gorontalo
|
UNIVERSITAS
NEGERI GORONTALO
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
JURUSAN
ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN/PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
|
||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
|
|||||||||
Mata Kuliah
|
Kode
|
Rumpun MK
|
Bobot (SKS)
|
Semester
|
Tgl Penyusunan
|
||||
Assesment
Pembelajaran Geografi
|
451430552
|
Mata
Kuliah Keahlian Berkarya
|
2
|
5/
Ganjil
|
7 November
2016
|
||||
Otorisasi
|
Dosen Pengembang RPS
|
Koordinator RMK
|
Ka Prodi
|
||||||
Ahmad
Syamsu Rijal S, S.Pd, M.Pd
|
Dr.
Sunarty S. Eraku, M.Pd
|
Dr.
Sunarty S. Eraku, M.Pd
|
|||||||
Capaian
Pembelajaran
(CP)
|
CPL-PRODI
|
||||||||
S9
P1
KU8
KU9
KK1
|
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas
pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
Mampu menganalisis karakteristik materi,
karakteristik peserta didik dan memilih pendekatan, strategi, model, metode,
dan assesment berdasarkan berdasarkan teori dan prinsip pendidikan aktif,
inifatif, kreatif, efektif, dan menyenangkak pada setiap pembelajaran
geografi.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian
hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap
penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah
tanggungjawabnya.
Mampu melakukan proses evaluasi diri
terhadap kelompok kerja yang berada di bawa tanggung jawabnya, dan mampu
mengelola pembelajaran secara mandiri.
Mampu merencanakan, melaksanakan dan
mengevaluasi/assesment pembelajaran geografi dengan memanfaatkan berbagai
sumber belajar berbasis IPTEK.
|
||||||||
CP-MK
|
|||||||||
M1
|
Mahasiswa mampu menyusun kisi-kisi tes
evaluasi belajar mata pelajaran geografi
|
||||||||
M2
|
Mahasiswa mampu menyusun soaal tes
evaluasi hasil belajar mata pelajaran geografi
|
||||||||
M3
|
Mahasiswa mampu membuat format penilaian
sikap, pengetahuan, dan keterampilan hasil belajar mata pelajaran geografi
|
||||||||
M4
|
Mahasiswa mampu menganalisis soal-soal
mata pelajaran geografi
|
||||||||
M5
|
Mahasiswa mampu menerapkan pengukuran
tentang evaluasi hasil belajar siswa di sekolah
|
||||||||
Deskripsi
Singkat MK
|
Mata
kuliah Assesment pembelajaran geografi merupakan salah satu syarat wajib
mahasiswa yang perlu diketahui karena akan memahami evaluasi, penilaian, dan
pengukuran hasi belajar siswa di sekolah. Perlu diketahui pula menyusun alat
evaluasi baik berupa tes maupun non-tes, di dalam tes di jelaskan juga
konsep, prosedur penyusunan, dan evaluasi tes. Sedangkan non-tes dijelaskan
juga konsep dan bagaimana contoh penyusunannya. Selain itu juga diperoleh
secara detail cara menganalisis item tes, meliputi tingkat kesukaran, daya
beda, validitas, dan reliabilitas.
|
||||||||
Materi
Pembelajaran/ Pokok Bahasan
|
1. Evaluasi hasil belajar
2. Pengukuran hasil belajar
3. Penilaian hasil belajar
4. Alat penilaian hasi belajar
5. Menyusun tes hasil belajar bidang studi geografi
6. Menyusun alat ukur sikap
7. Analisis soal
8. Analisis validitas dan reliabilitas tes
9. Evaluasi proses pembelajaran
|
||||||||
Pustaka
|
Purwanto Edy. 2014. Evaluasi Proses dan Hasil dalam Pembelajaran Aplikasi dalam Bidang
Studi Geografi. Ombak; Yogyakarta.
|
||||||||
Media
Pembelajaran
|
Perangkat Lunak
|
Perangkat Keras
|
|||||||
PowerPoint
|
Papan Tulis, Laptop, LCD Proyektor
|
||||||||
Team
Teaching
|
Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd., Ahmad Syamsu
Rijal S, S.Pd, M.Pd.
|
||||||||
Mata
Kuliah Prasyarat
|
-
|
||||||||
Minggu ke
|
Sub-CP-MK
(Sbg kemampuan akhir yg diharapkan)
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk Penilaian
|
Metode Pembelajaran
[Estimasi Waktu]
|
Materi Pembelajaran
[Pustaka]
|
Bobot Penilaian (%)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Mahasiswa mampu mengetahui evaluasi hasil
belajar
|
- Mampu mengetahui konsep evaluasi
- Mampu mengetahui peran guru dalm evaluasi belajar
- Mampu mengetahui manfaat evaluasi hasil belajar
- Mampu mengetahui prinsip-prinsip evaluasi
- Mampu mengetahui istilah-sitilah penting yang terkait dengan
evaluasi
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Non-Test:
- Keterampilan mengemukakan pendapat
- Keterampilan bertanya
- Keterampilan menjawab pertanyaan
- Penggunaan bahasa lisan yang baik
- Menghargai pendapat orang lain
|
ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
(2 x 50’)
|
1.
Konsep evaluasi
2.
Peran guru dalm evaluasi belajar
3.
Manfaat evaluasi hasil belajar
4.
Prinsip-prinsip evaluasi
5.
Istilah-sitilah penting yang terkait
dengan evaluasi
|
10
|
2
|
Mahasiswa mampu mengetahui pengukuran hasil
belajar
|
- Mampu mengetahui pengertian pengukuran hasil belajar
- Mampu mengetahui alasan perlu dilakukan pengukuran hasil belajar
- Mampu mengetahui pelaksanaan pengukuran hasil belajar
- Mampu mengetahui teknik koreksi
- Mampu mengetahui penyekoran
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Non-Test:
-
Keterampilan
mengemukakan pendapat
-
Keterampilan
bertanya
-
Keterampilan
menjawab pertanyaan
-
Penggunaan
bahasa lisan yang baik
-
Menghargai
pendapat orang lain
|
ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
(2 x 50’)
|
1.
Pengertian pengukuran hasil belajar
2.
Alasan perlu dilakukan pengukuran
hasil belajar
3.
Pelaksanaan pengukuran hasil belajar
4.
Teknik koreksi
5.
Penyekoran
|
10
|
3
|
Mahaisiswa mampu mengetahui penilaian hasil
belajar
|
- Mampu mengetahui pengertian penilaian hasil belajar
- Mampu mengetahui kriteria penilaian
- Mampu mengetahui pelaksanaan penilian
- Mampu mengetahui manfaat penilaian hasil belajar
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Non-Test:
-
Keterampilan
mengemukakan pendapat
-
Keterampilan
bertanya
-
Keterampilan
menjawab pertanyaan
-
Penggunaan
bahasa lisan yang baik
-
Menghargai
pendapat orang lain
|
ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
(2 x
50’)
|
1.
Pengertian penilaian hasil belajar
2.
Kriteria penilaian
3.
Pelaksanaan penilian
4.
Manfaat penilaian hasil belajar
|
10
|
4-5
|
Mahasiswa mampu membuat format penilaian
hasil belajar
|
- Mampu membuat format penilian tes hasil belajar
- Mampu membuat format penilaian non-tes
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk test:
- Keterampilan membuat format tes hasil belajar
- Keterampilan membuat format penilaian non-tes
|
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
2 x (2
x 50’)
|
1.
Tes
2.
Non-tes
|
10
|
6-7
|
Mahasiswa mampu menyusun tes hasil belajar
bidang studi geografi
|
- Mampu mengetahui prosedur penyusuan tujuan
- Mampu mensisntesis bahan ajar
- Mampu menyusun kisi-kisi tes
- Mampu mengetahui rambu-rambu penyusunan tes
- Mampu menyusun soal tes hasil belajar bidang studi geografi
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Test:
-
Keterampilan
menyusun kisi-kisi tes hasil belajar bidang studi geografi
-
Keterampilan
menyusun soal tes hasil belajar bidang studi geografi
|
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
penugasan.
2 x
(2 x 50’)
|
1.
Prosedur penyusuan tujuan
2.
Mensisntesis bahan ajar
3.
Menyusun kisi-kisi tes
4.
Rambu-rambu penyusunan tes
5.
Menyusun soal tes hasil belajar
bidang studi geografi
|
15
|
8
|
Ujian Tengah Semester:
Melakukan
evaluasin, penilaian dan perabikan proses pembelajaran dipertemuan berikutnya.
|
|||||
9-10
|
Mahasiswa mampu menyusun alat ukur sikap
|
- Mampu mengetahui prosedur penyusunan indikator bidang afektif
- Mampu mengetahu prosedur penyusunan alat ukur sikap
- Mampu menyusun alat untuk menilai gaya belajar siswa
|
Kritesia:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Test:
- Keterampilan menyusun alat ukur sikap
|
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
2 x (2
x 50’)
|
1.
Mampu mengetahui prosedur penyusunan
indikator bidang afektif
2.
Mampu mengetahu prosedur penyusunan
alat ukur sikap
3.
Mampu menyusun alat untuk menilai
gaya belajar siswa
|
10
|
11-12
|
Mahasiswa mampu menganalisis soal
|
- Mampu menelaah soal
- Mampu menganalisis tingkat kesukaran
- Mampu menganalisis daya beda item soal
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Test:
Keterampilan menganalisis soal
|
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
penugasan.
2 x (2
x 50’)
|
1.
Telaah soal
2.
Analisis tingkat kesukaran
3.
Analisis daya beda item soal
|
10
|
13-14
|
Mahasiswa mampu menganalisis validitas dan
reliabilitas tes
|
- Mampu menganalisis validitas tes
- Mampu menganalisis reliabilitas tes
|
Kritesia:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Test:
-
Keterampilan
menganalisis validitas tes
-
Keterampilan
menganalisis reliabilitas tes
|
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
2 x (2 x 50’)
|
1.
Validitas
2.
Reliabilitas
|
15
|
15
|
Mahasiswa mampu mengetahui evaluasi proses
pembelajaran
|
- Mampu mengetahui pentingnya evaluasi proses pembelajaran
- Mampu mengetahui model instrumen evaluasi proses pembelajaran
- Mampu mengetahui urgensi instrumen evaluasi proses pembelajaran
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Non-Test:
-
Keterampilan
mengemukakan pendapat
-
Keterampilan
bertanya
-
Keterampilan
menjawab pertanyaan
-
Penggunaan
bahasa lisan yang baik
- Menghargai pendapat orang lain
|
ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
(2 x
50’)
|
1.
Pentingnya evaluasi proses
pembelajaran
2.
Model instrumen evaluasi proses
pembelajaran
3.
Urgensi instrumen evaluasi proses
pembelajaran
|
10
|
16
|
Ujian Semester:
Melakukan
evaluasin, penilaian dan perabikan proses pembelajaran dipertemuan
berikutnya.
|
Cara download file-nya bisa di lihat disini: Tutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!
Silahkan kirim pesan ke email/WA saya apabila anda benar-benar membutuhkan file ini..!
.
.
0 komentar:
Post a Comment