RPS Assesment Pembelajaran Geografi

.
.

Oleh        : Dr. Sunarty S. Eraku. M.Pd, Ahmad Syamsu Rijal S, S.Pd, M.Pd
Tempat    : Gorontalo
Lembaga : Universitas Negeri Gorontalo
Tahun      : 2016

Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
/
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN/PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata Kuliah
Kode
Rumpun MK
Bobot (SKS)
Semester
Tgl Penyusunan
Assesment Pembelajaran Geografi
451430552
Mata Kuliah Keahlian Berkarya
2
5/
Ganjil
7 November 2016
Otorisasi
Dosen Pengembang RPS
Koordinator RMK
Ka Prodi
Ahmad Syamsu Rijal S, S.Pd, M.Pd
Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd
Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd
Capaian
Pembelajaran (CP)
CPL-PRODI

S9

P1



KU8


KU9

KK1

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
Mampu menganalisis karakteristik materi, karakteristik peserta didik dan memilih pendekatan, strategi, model, metode, dan assesment berdasarkan berdasarkan teori dan prinsip pendidikan aktif, inifatif, kreatif, efektif, dan menyenangkak pada setiap pembelajaran geografi.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawa tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi/assesment pembelajaran geografi dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEK.



CP-MK

M1
Mahasiswa mampu menyusun kisi-kisi tes evaluasi belajar mata pelajaran geografi
M2
Mahasiswa mampu menyusun soaal tes evaluasi hasil belajar mata pelajaran geografi
M3
Mahasiswa mampu membuat format penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan hasil belajar mata pelajaran geografi
M4
Mahasiswa mampu menganalisis soal-soal mata pelajaran geografi
M5
Mahasiswa mampu menerapkan pengukuran tentang evaluasi hasil belajar siswa di sekolah
Deskripsi Singkat MK
Mata kuliah Assesment pembelajaran geografi merupakan salah satu syarat wajib mahasiswa yang perlu diketahui karena akan memahami evaluasi, penilaian, dan pengukuran hasi belajar siswa di sekolah. Perlu diketahui pula menyusun alat evaluasi baik berupa tes maupun non-tes, di dalam tes di jelaskan juga konsep, prosedur penyusunan, dan evaluasi tes. Sedangkan non-tes dijelaskan juga konsep dan bagaimana contoh penyusunannya. Selain itu juga diperoleh secara detail cara menganalisis item tes, meliputi tingkat kesukaran, daya beda, validitas, dan reliabilitas.
Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan
1.  Evaluasi hasil belajar
2.  Pengukuran hasil belajar
3.  Penilaian hasil belajar
4.  Alat penilaian hasi belajar
5.  Menyusun tes hasil belajar bidang studi geografi
6.  Menyusun alat ukur sikap
7.  Analisis soal
8.  Analisis validitas dan reliabilitas tes
9.  Evaluasi proses pembelajaran
Pustaka
Purwanto Edy. 2014. Evaluasi Proses dan Hasil dalam Pembelajaran Aplikasi dalam Bidang Studi Geografi. Ombak; Yogyakarta.

Media Pembelajaran
Perangkat Lunak
Perangkat Keras
PowerPoint
Papan Tulis, Laptop, LCD Proyektor
Team Teaching
Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd., Ahmad Syamsu Rijal S, S.Pd, M.Pd.
Mata Kuliah Prasyarat
-


Minggu ke
Sub-CP-MK
(Sbg kemampuan akhir yg diharapkan)
Indikator
Kriteria & Bentuk Penilaian
Metode Pembelajaran
[Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[Pustaka]
Bobot Penilaian (%)
1
2
3
4
5
6
7
1
Mahasiswa mampu mengetahui evaluasi hasil belajar
- Mampu mengetahui konsep evaluasi
- Mampu mengetahui peran guru dalm evaluasi belajar
- Mampu mengetahui manfaat evaluasi hasil belajar
- Mampu mengetahui prinsip-prinsip evaluasi
- Mampu mengetahui istilah-sitilah penting yang terkait dengan evaluasi
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Non-Test:
- Keterampilan mengemukakan pendapat
- Keterampilan bertanya
- Keterampilan menjawab pertanyaan
- Penggunaan bahasa lisan yang baik
- Menghargai pendapat orang lain
ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
(2 x 50’)
1.   Konsep evaluasi
2.   Peran guru dalm evaluasi belajar
3.   Manfaat evaluasi hasil belajar
4.   Prinsip-prinsip evaluasi
5.   Istilah-sitilah penting yang terkait dengan evaluasi
10
2
Mahasiswa mampu mengetahui pengukuran hasil belajar
- Mampu mengetahui pengertian pengukuran hasil belajar
- Mampu mengetahui alasan perlu dilakukan pengukuran hasil belajar
- Mampu mengetahui pelaksanaan pengukuran hasil belajar
- Mampu mengetahui teknik koreksi
- Mampu mengetahui penyekoran
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Non-Test:
- Keterampilan mengemukakan pendapat
- Keterampilan bertanya
- Keterampilan menjawab pertanyaan
- Penggunaan bahasa lisan yang baik
- Menghargai pendapat orang lain
ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
(2 x 50’)
1.   Pengertian pengukuran hasil belajar
2.   Alasan perlu dilakukan pengukuran hasil belajar
3.   Pelaksanaan pengukuran hasil belajar
4.   Teknik koreksi
5.   Penyekoran
10
3
Mahaisiswa mampu mengetahui penilaian hasil belajar
- Mampu mengetahui pengertian penilaian hasil belajar
- Mampu mengetahui kriteria penilaian
- Mampu mengetahui pelaksanaan penilian
- Mampu mengetahui manfaat penilaian hasil belajar
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Non-Test:
- Keterampilan mengemukakan pendapat
- Keterampilan bertanya
- Keterampilan menjawab pertanyaan
- Penggunaan bahasa lisan yang baik
- Menghargai pendapat orang lain
ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
 (2 x 50’)
1.   Pengertian penilaian hasil belajar
2.   Kriteria penilaian
3.   Pelaksanaan penilian
4.   Manfaat penilaian hasil belajar
10
4-5
Mahasiswa mampu membuat format penilaian hasil belajar
- Mampu membuat format penilian tes hasil belajar
- Mampu membuat format penilaian non-tes
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk test:
- Keterampilan membuat format tes hasil belajar
- Keterampilan membuat format penilaian non-tes
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
 2 x (2 x 50’)
1.   Tes
2.   Non-tes
10
6-7
Mahasiswa mampu menyusun tes hasil belajar bidang studi geografi
- Mampu mengetahui prosedur penyusuan tujuan
- Mampu mensisntesis bahan ajar
- Mampu menyusun kisi-kisi tes
- Mampu mengetahui rambu-rambu penyusunan tes
- Mampu menyusun soal tes hasil belajar bidang studi geografi
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Test:
- Keterampilan menyusun kisi-kisi tes hasil belajar bidang studi geografi
- Keterampilan menyusun soal tes hasil belajar bidang studi geografi
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
 2 x (2 x 50’)
1.   Prosedur penyusuan tujuan
2.   Mensisntesis bahan ajar
3.   Menyusun kisi-kisi tes
4.   Rambu-rambu penyusunan tes
5.   Menyusun soal tes hasil belajar bidang studi geografi
15
8
Ujian Tengah Semester:
Melakukan evaluasin, penilaian dan perabikan proses pembelajaran dipertemuan berikutnya.
9-10
Mahasiswa mampu menyusun alat ukur sikap
- Mampu mengetahui prosedur penyusunan indikator bidang afektif
- Mampu mengetahu prosedur penyusunan alat ukur sikap
- Mampu menyusun alat untuk menilai gaya belajar siswa
Kritesia:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Test:
- Keterampilan menyusun alat ukur sikap
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
 2 x (2 x 50’)
1.   Mampu mengetahui prosedur penyusunan indikator bidang afektif
2.   Mampu mengetahu prosedur penyusunan alat ukur sikap
3.   Mampu menyusun alat untuk menilai gaya belajar siswa
10
11-12
Mahasiswa mampu menganalisis soal
- Mampu menelaah soal
- Mampu menganalisis tingkat kesukaran
- Mampu menganalisis daya beda item soal
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Test:
Keterampilan menganalisis soal
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
 2 x (2 x 50’)
1.   Telaah soal
2.   Analisis tingkat kesukaran
3.   Analisis daya beda item soal
10
13-14
Mahasiswa mampu menganalisis validitas dan reliabilitas tes
- Mampu menganalisis validitas tes
- Mampu menganalisis reliabilitas tes
Kritesia:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Test:
- Keterampilan menganalisis validitas tes
- Keterampilan menganalisis reliabilitas tes
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
2 x (2 x 50’)
1.   Validitas
2.   Reliabilitas
15
15
Mahasiswa mampu mengetahui evaluasi proses pembelajaran
- Mampu mengetahui pentingnya evaluasi proses pembelajaran
- Mampu mengetahui model instrumen evaluasi proses pembelajaran
- Mampu mengetahui urgensi instrumen evaluasi proses pembelajaran
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan materi
Bentuk Non-Test:
- Keterampilan mengemukakan pendapat
- Keterampilan bertanya
- Keterampilan menjawab pertanyaan
- Penggunaan bahasa lisan yang baik
- Menghargai pendapat orang lain
ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
 (2 x 50’)
1.   Pentingnya evaluasi proses pembelajaran
2.   Model instrumen evaluasi proses pembelajaran
3.   Urgensi instrumen evaluasi proses pembelajaran
10
16
Ujian Semester:
Melakukan evaluasin, penilaian dan perabikan proses pembelajaran dipertemuan berikutnya.

File Word-nya bisa unduh di sini RPS Assesment Pembelajaran Geografi Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disiniTutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!

Silahkan kirim pesan ke email/WA saya apabila anda benar-benar membutuhkan file ini..!
.
.

0 komentar: