.
.
Dosen Pengampu : Ahmad Syamsu Rijal
S., S.Pd, M.Pd
Program Studi : Geografi
Kode Mata Kuliah : GEO10522
Nama Mata Kuliah : Pengantar
Geografi
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : I (Satu)/ Ganjil
Pertemuan : II (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 50 menit
Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
I.
Standar
Kopetensi : Mahasiswa mampu memahami pengertian, perkembangan,
kedudukan Geografi, struktur dan cabang Geografi,
Pendekatan Geografi, objek studi geografi dan geosfer, teknik pengamtan dan
perekaman dalam geografi.
II.
Kopetensi
Dasar : Mahasiswa
dapat memahami kedudukan geografi di tengah ilmu
pengetahuan
lainnya
III.
Indikator
Pembelajaran : Mahasiswa dapat mengidentifikasi
kedudukan geografi di tengah
ilmu lain, aspek fisik dan aspeksocial
IV.
Materi Pembelajaran :
Kedudukan
Gegrafi Di Tengah Ilmu Pengetahuan Lainnya
ilmu merupakan pengetahuan yang telah tersusun secara sistematis atau tidak
random. hal ini terlihat pada ciri sebagai ilmu, yaitu memiliki objek studi
yang jelas, memiliki ruang lingkup tertentu, mengembangkan metode tertentu,
memiliki asas dan konsep, serta mengembangkan teori. sebagai sebuah ilmu,
geografi mempunyai kedudukan mandiri sebagai ilmu pengetahuan, karena ciri
sebagai sebuah ilmu dimiliki oleh geografi.
1. Aspek
Sosial
§ Sejarah/ Geografi Sejarah
Ilmu
yang mempelajarai tentang manusia, fisik, fiksi, dan fakta geografi pada masa
lampau.
§ Politik/ Geografi Politik
Ilmu yang mempelajarai relasi antara kehidupan dan
aktivitas politik dengan kondisi-kondisi alam suatu negara. Aspek yang terdapat
dalam geografi politik dan geografi itu sendiri antara lain unsur geografis
berupa luas, bentuk wilayah, iklim, sumber daya dan penduduk.
§ Ekonomi/ Geografi Ekonomi
Studi
tentang variasi wilayah dimuka bumi yang mencakup aktifitas manusia, meliputi:
produksi, konsumsi dan distribusi dalam hubungannya dengan lingkungan tempat
hidupnya.
§ Sosiologi/ Geografi Sosial
Ilmu
yang menjelaskan mengenai interaksi antara manusia dengan lingkungan sosialnya
yaitu manusia lain maupun kelompok manusia yang ada disekelilingnya.
§ Antropologi/ Etnogeografi
Ø Ilmu tentang manusia, masa lalu dan kini, yang
menggambarkan manusia melalui pengetahuan ilmu sosial dan ilmu hayati.
Ø Kajian tentang kehidupan dan kebudayaan suatu masyarakat
atau etnik, misalnya, tentang adat-istiadat, kebiasaan, hukum, seni, bahasa.
2. Aspek Fisik
§ Biologi/ Biogeografi
Mempelajari
tentang keanekaragaman hayati berdasarkan ruang dan waktu.
§ Geologi/ Geomorfologi
Ø Ilmu yang mempelajarai bumi, komposisinya, struktur,
sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya.
Ø Ilmu yang mempelajarai bentuk alam dan proses yang
membentuknya.
§ Meteorologi/ Klimatologi
Ø Interdepandensi yang mempelajari atmosfer.
Ø Studi mengenai iklim, secara ilmiah didefinisikan sebagai
kondisi cuaca yang dirata-ratakan selama periode waktu yang panjang.
§ Hidrografi/ Oseanografi
Ø Ilmu tentang pemetaan laut dan pesisir.
Ø Ilmu yang mempelajari samudra atau lautan.
§ Matematika/ Geografi Matematis
Ilmu yang berkenaan dengan
perkiraan bentuk, ukuran, serta gerakan bumi, yaitu lintang dan bujur geografi,
meridian, paralel, luas permukaan bumi.
V.
Kegiatan Pembelajaran :
Tujuan Pembelajaran
|
Materi Ajar
|
Model Pembelajaran
|
||
Tujuan Instruksional Umum
|
Tujuan Instruksional Khusus
|
|||
Setelah
mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu mengidentifikasi kedudukan geografi di
tengah ilmu pengetahuan lainnya.
|
mahasiswa mampu mengidentifikasi
kedudukan geografi di tengah ilmu pengetahuan lain, diantaranya aspek fisik dan aspek sosial.
|
kedudukan geografi di tengah ilmu
pengetahuan lainnya
|
Model Pembelajaran Langsung
|
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
||||
Kegiatan Awal Pembelajaran
|
Kegiatan Inti Pembelajaran
|
Kegiatan Akhir Pembelajaran
|
||
Beri
salam, berdoa, dan mengecek keharian
mahasiswa
|
Menjelaskan dan menginformasikan materi kepada mahasiswa, mengenai kedudukan geografi di
tengah ilmu lainnya
|
Pendidik memberikan meluruskan dan menjelasan kembali
mengenai materi yang belum di pahami
|
||
Memberikan bayangan mengenai materi yang akan di berikan dengan
cara memberikan apersepsi kepada mahasiswa
|
Mahasiswa mengamati
dan mencermati penjelasan dari dosen mengenai kedudukan geografi di tengah
ilmu lainnya
|
Memberikan kesimpulan mengenai materi
yang sudah diajarkan.
|
||
Memberikan Motivasi/ dorongan betapa besar manfaat mempelajari materi yang
akan diajarkan.
|
Melakukan tanya jawab atau bertukar pendat mengenai materi
yang disajikan
|
Pendidik memberikan tugas rumah mengenai kajian ilmu geografi
lainnya dalam aspek fisik dan sosial
|
||
Menginformasikan tujuan pembelajaran (indikator)
|
Dosen memberikan kuis kepada mahasiswa menyangkut materi
sebagai bahan evaluasi.
|
Pendidik menutup kegiatan pembelajaran
|
||
Alat Pembelajaran
|
Bahan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Pustaka
|
|
Laptop,
LCD
|
Media
Powerpoint
|
Pertanyaan, keberanian mengemukakan
pendapat, tugas
|
||
VI.
Evaluasi :
Gorontalo,
04 Oktober
2015
Dosen
Pengampu
Ahmad Syamsu Rijal S., S.Pd, M.Pd
Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disini: Tutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!
.
.
0 komentar:
Post a Comment