RPS Pengantar Geografi

.
.

Oleh        : Dr. Nawir Sune, M.Si, Rusiyah, S.Pd, M.Si
Tempat    : Gorontalo
Lembaga : Universitas Negeri Gorontalo
Tahun      : 2016
Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN/PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata Kuliah
Kode
Rumpun MK
Bobot (SKS)
Semester
Tgl Penyusunan
Pengantar Geografi

Mata Kuliah Inti Keilmuan  
2
I
1 November 2016
Otorisasi
Dosen Pengembang RPS
Koordinator RMK
Ka Prodi




Rusiyah, S.Pd, MSc




Dr. Nawir Sune, M.Si




Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd
Capaian
Pembelajaran (CP)
CPL-PRODI

S9


P1
P2

KU1



KU5

KK3
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mampu menganalisis hubungan antar aspek fisik dalam geosfer untuk pembelajaran dan penelitian geografi;
Mampu menganalisis hubungan antar aspek manusia dalam geosfer untuk pembelajaran dan penelitian geograf;.
 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
Mampu menentukan solusi permasalahan bumi sebagai sistem dengan menggunakan teori, pendekatan, prinsip Geografi untuk pengambilan keputusan secara bijak dan meningkatkan literasi geografi.

CP-MK

M1
Mahasiswa mampu menjelaskan  pengertian geografi dan perkembangan ilmu geografi
M2
Mahasiswa mampu membedakan paradigma  determinisme, possibilisme dan probabilisme  dalam studi geografi
M3
Mahasiswa  mampu menjelaskan geografi sebagai ilmu sistesis
M4
Mahasiswa mampu menjelaskan hakekat geografi
M5
Mahasiswa mampu menjelaskan kedudukan, klasifikasi dan cabang-cabang geografi
M6
Mahasiwa  mampu menjelaskan  obyek studi geografi dan geosfer sebuah sistem
M7
Mahasiwa  mampu menjelaskan   Pendekatan geografi
M8
Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat geografi dalam berbagai kehidupan
M9
Mahasiswa mampu menjelaskan peran geografi dalam pendidikan dan penelitian
Deskripsi Singkat MK
Mata kuliah ini mahasiswa belajar pengertian geografi, sejarah perkembangan ilmu geografi,  paradigm dalam studi geografi, geografi sebagai ilmu sintesis, hakekat geografi, kedudukan, klasifikasi dan cabang-cabang  geografi, obyek studi geografi dan geosfer sebuah sistem, pendekatan geografi, manfaat geografi diberbagai  bidang kehidupan, dan peranan geografi di bidang pendidikan dan penelitian.
Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan
1.   Pengertian dan sejarah perkembangan geografi
2.   Paradigma dalam studi geografi
3.   Geografi sebagai ilmu sistesis
4.   Hakekat geografi
5.   Kedudukan, klasifikasi dan cabang-cabang  geografi
6.   Obyek studi geografi dan geosfer sebuah sistem
7.   Pendekatan geografi
8.   Manfaat geografi dalam berbagai kehdupan
9.   Peran geografi dalam pendidikan dan penelitian
Pustaka
      1.     Daldjoeni, N. (1997) Pengantar Geografi, Alumni: Bandung,
      2.     Suparmini,  dkk, Dasar-dasar Geografi
      3.     Sutrijat Sumadi. (2000) Geografi 1. Depdikbud. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
      4.     Bintarto, R., dan Hadisumarno, S. (1987) Metode Analisa Geografi. Jakarta: LP3ES.
      5.     Sumaatmadja, N. (1988) Studi Geografi, Suatu pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung: Alumni.
      6.     Haget, P. (1972) Geography, A modern Syntesis. New York: Harper & Rows.
      7.     Sandy, I.M. Esensi Geografi. Jakarta: Jurusan Geografi FMIPA UI.
      8.     Daldjoeni, N. (1991) Pengantar Geografi Politik. Bandung: Alumni
      9.     Sumaatmadja, N. (1984). Metode Pengajaran IPS. Bandung: Alumni.
   10.     Sumaatmadja, N. (1988) Metodologi Pembelajaran Geografi. Bandung: Alumni.
   11.     Supardan, D (2008) Pengantar Ilmu Sosial. Bandung: Pustaka Setia.
   12.     Sutanto (1992) Penginderaan Jauh. Yogyakarta: UGM Press
   13.     Tilbury, D and Williams, M., Editors (1997) teaching and Learning Geography. London: Routledge
   14.     Buku sumber yang relevan
Media Pembelajaran
Perangkat Lunak
Perangkat Keras

LCD dan Proyektor
Team Teaching
 Dr. Nawir Sune, M.Si, Dr. Sunarti S. Eraku, M.Pd, Rusiyah, S.Pd, M.Sc, Ika Windayani P. S.Pd, M.Pd
Mata Kuliah Prasyarat
-


Minggu ke
Sub-CP-MK
(Sbg kemampuan akhir yg diharapkan)
Indikator
Kriteria & Bentuk Penilaian
Metode Pembelajaran
[Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[Pustaka]
Bobot Penilaian (%)
1
2
3
4
5
6
7

1, 2

Mahasiswa mampu menjelaskan  pengertian geografi dan perkembangan ilmu geografi


Ketepatan menjelaskan tentang pengertian dan perkembangan ilmu geografi 

Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan

Bentuk  Non Test:
Tulisan Makalah
Presentasi, keberanian mengemukakan pendapat



Kuliah dan diskusi,
[TM:2x(2x50”)]
·      Tugas 1: menyusun ringkasan tentang pengertian geografi dan sejarah perkembangan geografi mulai dari geografi klasik sampai Mutakhir
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]

·       Tugas 2 mengkaji dan mensarikan perkembangan Geografi di Indonesia
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]


·   Pengertian geografi
·   Geografi Klasik
·   Geografi Abad Pertengahan
·   Geografi Modern
·   Geografi Akhir abad ke 19 – Awal Abad ke 20
·   Geografi Mutakhir.
·   Perkembangan Geografi di Indonesia



15

3



Mahasiswa mampu membedakan paradigma  determinisme, possibilisme dan probabilisme  dalam studi geografi


Ketepatan membedakan paradigma  determinisme, possibilisme dan probabilisme  dalam studi geografi disertai dengan contoh
  

Kriteria:
Ketepatan  meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk  Non Test:
Ringkasan hasil rujukan

Kuliah dan diskusi,
[TM;1x(2x50”)]
·      Tugas 3: Studi pustaka dan meringkas  paradigma  determinisme, possibilisme dan probabilisme  dalam studi geografi  beserta contohnya
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]


Telaah sumber  paradigma :
1.       determinisme
2.       Posibilisme
3.       Probabilisme



10

4



Mahasiswa  mampu menjelaskan geografi sebagai ilmu sistesis

Ketepatan  menjelaskan tentang  geografi sebagai ilmu sistesis    

Kriteria:
Ketepatan  meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk  Non Test:
Ringkasan hasil rujukan
Kuliah dan diskusi,
[TM;1x(2x50”)]
·      Tugas 4: Studi pustaka dan meringkas   geografi sebagai ilmu sistesis    

Telaah sumber tentang geografi sebagai ilmu sintesis


5

5,6

Mahasiswa mampu menjelaskan hakekat geografi



Ketepatan menjelaskan tentang hakekat, ruang lingkup, prinsip geografi, dan konsep  geografi

 

Kriteria:
Ketepatan  meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk  Non Test:
Ringkasan hasil rujukan

 Kuliah dan diskusi,
[TM:2x(2x50”)]
Tugas 5:  studi pustaka menyusun ringkasan tentang  hakekat, ruang lingkup, Prinsip geografi, konsep  geografi
[BT+BM :(2+2)x(2x60”)]

·    hakekat,
·    ruang lingkup,
·    Prinsip geografi  
·    konsep  geografi



20

7

Mahasiswa mampu menjelaskan kedudukan, klasifikasi dan cabang-cabang geografi

Ketepatan menjelaskan Kedudukan, klasifikasi dan cabang-cabang geografi
Kriteria:
Ketepatan  meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk  Non Test:
Ringkasan hasil rujukan

Kuliah dan diskusi,
[TM;1x(2x50”)]
·      Tugas 6: Studi pustaka dan meringkas   geografi sebagai ilmu sistesis    


·  Kedudukan Geografi,
· Klasifikasi dan Cabang-cabang  geografi
·  Ilmu bantu dalam kajian geografi


10
8

Evaluasi Tengah Semester : melakukan validasi hasil Penilaian, evaluasi dan Perbaikan proses Pembelajaran berikutnya


9,10

Mahasiwa  mampu menjelaskan  obyek studi geografi dan geosfer sebuah sistem

Ketepatan menjelaskan menjelaskan obyek studi geografi dan geosfer sebuah system
Kriteria:
Ketepatan  meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk  Non Test:
Ringkasan hasil rujukan

Kuliah dan diskusi,
[TM;2x(2x50”)]
·      Tugas 7: menyusun ringkasan tentang   obyek studi geografi dan geosfer sebuah system
·      [BT+BM :(2+2)x(2x60”)]
·       Lithosfer
·       Atmosfer
·       Hidrosfer
·       Biosfer
·        Anthroposfer

15
11

Mahasiwa  mampu menjelaskan   Pendekatan geografi

 Ketepatan menjelaskan Pendekatan geografi

Kriteria:
Ketepatan  meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk  Non Test:
Ringkasan hasil rujukan

Kuliah dan diskusi,
[TM;1x(2x50”)]
·      Tugas 8: menyusun ringkasan  pendekatan geografi
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
·       Pendekatan Keruangan
·       Pendekatan Kelingkungan
·       Pendekatan Kewilayahan

15
12,13
Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat geografi dalam berbagai kehidupan


Ketepatan menjelaskan manfaat geografi dalam berbagai kehdupan

Kriteria:
Ketepatan  meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk  Non Test:
Ringkasan hasil rujukan

Kuliah dan diskusi,
[TM;2x(2x50”)]
·      Tugas 9: menyusun ringkasan  tentang manfaat   geografi dalam berbagai bidang
 [BT+BM :(2+2)x(2x60”)]

·       Aspek industry
·       Aspek pemukiman
·       Aspek pertanian
·       Aspek transportasi dan
komunikasi
·       Aspek sumberdaya
Manusia




10
14,15
Mahasiswa mampu menjelaskan peran geografi dalam pendidikan dan penelitian
Ketepatan menjelaskan Peran geografi dalam pendidikan dan penelitian
Kriteria:
Ketepatan  meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk  Non Test:
Ringkasan hasil rujukan

Kuliah dan diskusi,
[TM;2x(2x50”)]
Tugas 10: menyusun ringkasan tentang  peran   geografi dalam pendidikan
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
 Tugas 11: menyusun ringkasan tentang   peran geografi dalam
Penelitian
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]


·         Peranan geografi dalam pendidikan
·         Pembelajaran geografi
·         Peranan geografi
dalam penelitian

10

16

Evaluasi Akhir Semester: melakukan validasi penilaian akhir dan menentukan kelulusan mahasiswa

Catatan: TM; tatap Muka, BT: Belajar terstuktur, BM: Belajar Mandiri

File Word-nya bisa unduh di sini RPS Pengantar Geografi

Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disiniTutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!

Silahkan kirim pesan ke email/WA saya apabila anda benar-benar membutuhkan file ini..!
.
.

0 komentar: