.
.
Oleh : Dr. Nawir Sune, M.Si, Rusiyah, S.Pd, M.Si
Tempat : Gorontalo
Lembaga : Universitas Negeri Gorontalo
Pilihan Unduh File Ada Di Bagian Bawah Artikel Ini..!
Catatan:
UNIVERSITAS
NEGERI GORONTALO
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
JURUSAN ILMU
DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN/PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
|
|||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER
|
|||||||||
Mata Kuliah
|
Kode
|
Rumpun MK
|
Bobot (SKS)
|
Semester
|
Tgl Penyusunan
|
||||
Pengantar Geografi
|
Mata
Kuliah Inti Keilmuan
|
2
|
I
|
1
November 2016
|
|||||
Otorisasi
|
Dosen Pengembang RPS
|
Koordinator RMK
|
Ka Prodi
|
||||||
Rusiyah,
S.Pd, MSc
|
Dr.
Nawir Sune, M.Si
|
Dr.
Sunarty S. Eraku, M.Pd
|
|||||||
Capaian
Pembelajaran
(CP)
|
CPL-PRODI
|
||||||||
S9
P1
P2
KU1
KU5
KK3
|
Menunjukkan sikap bertanggungjawab
atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mampu menganalisis hubungan antar
aspek fisik dalam geosfer untuk pembelajaran dan penelitian geografi;
Mampu menganalisis hubungan antar
aspek manusia dalam geosfer untuk pembelajaran dan penelitian geograf;.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis,
sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
yang sesuai dengan bidang keahliannya;
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam
konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil
analisis informasi dan data;
Mampu menentukan solusi permasalahan
bumi sebagai sistem dengan menggunakan teori, pendekatan, prinsip Geografi
untuk pengambilan keputusan secara bijak dan meningkatkan literasi geografi.
|
||||||||
CP-MK
|
|||||||||
M1
|
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian geografi
dan perkembangan
ilmu geografi
|
||||||||
M2
|
Mahasiswa mampu membedakan paradigma
determinisme, possibilisme dan probabilisme dalam studi geografi
|
||||||||
M3
|
Mahasiswa mampu menjelaskan geografi sebagai ilmu sistesis
|
||||||||
M4
|
Mahasiswa mampu menjelaskan hakekat geografi
|
||||||||
M5
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan kedudukan, klasifikasi
dan cabang-cabang geografi
|
||||||||
M6
|
Mahasiwa mampu menjelaskan obyek studi
geografi dan geosfer sebuah sistem
|
||||||||
M7
|
Mahasiwa mampu menjelaskan Pendekatan
geografi
|
||||||||
M8
|
Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat
geografi dalam berbagai kehidupan
|
||||||||
M9
|
Mahasiswa mampu menjelaskan peran
geografi dalam pendidikan dan penelitian
|
||||||||
Deskripsi
Singkat MK
|
Mata
kuliah ini mahasiswa belajar pengertian geografi, sejarah perkembangan ilmu
geografi, paradigm dalam studi geografi, geografi sebagai ilmu
sintesis, hakekat geografi,
kedudukan, klasifikasi dan cabang-cabang geografi, obyek
studi geografi dan geosfer sebuah sistem, pendekatan geografi, manfaat
geografi diberbagai bidang kehidupan, dan peranan geografi di bidang pendidikan dan
penelitian.
|
||||||||
Materi
Pembelajaran/ Pokok Bahasan
|
1.
Pengertian
dan sejarah perkembangan geografi
2.
Paradigma
dalam studi geografi
3.
Geografi
sebagai ilmu sistesis
4.
Hakekat geografi
5.
Kedudukan, klasifikasi dan cabang-cabang geografi
6.
Obyek studi
geografi dan geosfer sebuah sistem
7. Pendekatan geografi
8. Manfaat geografi dalam berbagai kehdupan
9. Peran geografi dalam pendidikan dan penelitian
|
||||||||
Pustaka
|
1. Daldjoeni,
N. (1997) Pengantar Geografi, Alumni: Bandung,
2. Suparmini, dkk, Dasar-dasar Geografi
3. Sutrijat
Sumadi. (2000) Geografi 1. Depdikbud. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
4. Bintarto, R., dan Hadisumarno, S. (1987) Metode Analisa Geografi. Jakarta:
LP3ES.
5. Sumaatmadja, N. (1988) Studi Geografi, Suatu pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung:
Alumni.
6. Haget, P. (1972) Geography, A modern Syntesis. New York: Harper & Rows.
7. Sandy, I.M. Esensi
Geografi. Jakarta: Jurusan Geografi FMIPA UI.
8. Daldjoeni, N. (1991) Pengantar Geografi Politik. Bandung: Alumni
9. Sumaatmadja, N. (1984). Metode Pengajaran IPS. Bandung: Alumni.
10.
Sumaatmadja, N. (1988) Metodologi Pembelajaran Geografi. Bandung:
Alumni.
11.
Supardan, D (2008) Pengantar Ilmu Sosial. Bandung:
Pustaka Setia.
12.
Sutanto (1992) Penginderaan Jauh. Yogyakarta:
UGM Press
13.
Tilbury, D and Williams, M., Editors
(1997) teaching and Learning
Geography. London: Routledge
14.
Buku sumber yang relevan
|
||||||||
Media
Pembelajaran
|
Perangkat Lunak
|
Perangkat Keras
|
|||||||
LCD
dan Proyektor
|
|||||||||
Team
Teaching
|
Dr. Nawir Sune, M.Si, Dr. Sunarti S. Eraku,
M.Pd, Rusiyah, S.Pd, M.Sc, Ika Windayani P. S.Pd, M.Pd
|
||||||||
Mata
Kuliah Prasyarat
|
-
|
||||||||
Minggu ke
|
Sub-CP-MK
(Sbg kemampuan akhir yg diharapkan)
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk Penilaian
|
Metode Pembelajaran
[Estimasi Waktu]
|
Materi Pembelajaran
[Pustaka]
|
Bobot Penilaian (%)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1, 2
|
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian geografi
dan perkembangan ilmu
geografi
|
Ketepatan menjelaskan tentang pengertian dan perkembangan ilmu geografi
|
Kriteria:
Ketepatan dan penguasaan
Bentuk
Non Test:
Tulisan Makalah
Presentasi, keberanian mengemukakan pendapat
|
Kuliah dan diskusi,
[TM:2x(2x50”)]
· Tugas 1: menyusun ringkasan tentang pengertian geografi dan
sejarah perkembangan geografi mulai dari geografi klasik sampai Mutakhir
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
· Tugas 2 mengkaji dan mensarikan perkembangan Geografi di Indonesia
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
· Pengertian geografi
· Geografi Klasik
· Geografi Abad Pertengahan
· Geografi Modern
· Geografi Akhir abad ke 19 – Awal Abad ke 20
· Geografi Mutakhir.
· Perkembangan Geografi di Indonesia
|
15
|
3
|
Mahasiswa mampu membedakan
paradigma determinisme, possibilisme
dan probabilisme dalam studi geografi
|
Ketepatan membedakan paradigma determinisme, possibilisme dan
probabilisme dalam studi geografi disertai dengan contoh
|
Kriteria:
Ketepatan meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk
Non Test:
Ringkasan hasil rujukan
|
Kuliah dan diskusi,
[TM;1x(2x50”)]
· Tugas 3: Studi pustaka dan meringkas paradigma determinisme,
possibilisme dan probabilisme dalam
studi geografi beserta contohnya
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
Telaah sumber paradigma :
1.
determinisme
2.
Posibilisme
3.
Probabilisme
|
10
|
4
|
Mahasiswa mampu menjelaskan geografi sebagai ilmu sistesis
|
Ketepatan menjelaskan tentang geografi sebagai ilmu sistesis
|
Kriteria:
Ketepatan meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk
Non Test:
Ringkasan hasil
rujukan
|
Kuliah dan diskusi,
[TM;1x(2x50”)]
· Tugas 4: Studi pustaka dan meringkas geografi
sebagai ilmu sistesis
|
Telaah sumber tentang geografi sebagai ilmu sintesis
|
5
|
5,6
|
Mahasiswa mampu menjelaskan hakekat geografi
|
Ketepatan menjelaskan
tentang hakekat, ruang lingkup, prinsip
geografi, dan konsep geografi
|
Kriteria:
Ketepatan meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk
Non Test:
Ringkasan hasil
rujukan
|
Kuliah dan
diskusi,
[TM:2x(2x50”)]
Tugas 5: studi pustaka menyusun
ringkasan tentang hakekat, ruang lingkup, Prinsip
geografi, konsep geografi
[BT+BM :(2+2)x(2x60”)]
|
· hakekat,
·
ruang lingkup,
·
Prinsip geografi
·
konsep geografi
|
20
|
7
|
Mahasiswa mampu
menjelaskan kedudukan, klasifikasi dan
cabang-cabang geografi
|
Ketepatan
menjelaskan Kedudukan, klasifikasi dan
cabang-cabang geografi
|
Kriteria:
Ketepatan meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk
Non Test:
Ringkasan hasil rujukan
|
Kuliah dan diskusi,
[TM;1x(2x50”)]
· Tugas 6: Studi pustaka dan meringkas
geografi sebagai ilmu sistesis
|
· Kedudukan Geografi,
· Klasifikasi dan Cabang-cabang
geografi
· Ilmu bantu dalam kajian geografi
|
10
|
8
|
Evaluasi Tengah Semester : melakukan validasi hasil Penilaian,
evaluasi dan Perbaikan proses Pembelajaran berikutnya
|
|||||
9,10
|
Mahasiwa mampu menjelaskan obyek studi geografi dan
geosfer sebuah sistem
|
Ketepatan
menjelaskan menjelaskan obyek studi geografi dan geosfer
sebuah system
|
Kriteria:
Ketepatan meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk
Non Test:
Ringkasan hasil
rujukan
|
Kuliah dan diskusi,
[TM;2x(2x50”)]
· Tugas 7: menyusun ringkasan tentang obyek
studi geografi dan geosfer sebuah system
· [BT+BM :(2+2)x(2x60”)]
|
·
Lithosfer
·
Atmosfer
·
Hidrosfer
·
Biosfer
·
Anthroposfer
|
15
|
11
|
Mahasiwa mampu menjelaskan Pendekatan geografi
|
Ketepatan menjelaskan Pendekatan geografi
|
Kriteria:
Ketepatan meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk
Non Test:
Ringkasan hasil
rujukan
|
Kuliah dan diskusi,
[TM;1x(2x50”)]
· Tugas 8: menyusun ringkasan pendekatan geografi
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
· Pendekatan Keruangan
· Pendekatan Kelingkungan
· Pendekatan Kewilayahan
|
15
|
12,13
|
Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat geografi
dalam berbagai kehidupan
|
Ketepatan
menjelaskan manfaat geografi dalam berbagai kehdupan
|
Kriteria:
Ketepatan meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk
Non Test:
Ringkasan hasil
rujukan
|
Kuliah dan diskusi,
[TM;2x(2x50”)]
· Tugas 9: menyusun ringkasan tentang manfaat geografi dalam berbagai bidang
[BT+BM :(2+2)x(2x60”)]
|
· Aspek industry
· Aspek pemukiman
· Aspek pertanian
· Aspek transportasi dan
komunikasi
· Aspek sumberdaya
Manusia
|
10
|
14,15
|
Mahasiswa mampu menjelaskan peran geografi
dalam pendidikan dan penelitian
|
Ketepatan menjelaskan Peran geografi dalam
pendidikan dan penelitian
|
Kriteria:
Ketepatan meringkas,
Pertanyaan, keberanian mengemukakan pendapat
Bentuk
Non Test:
Ringkasan hasil
rujukan
|
Kuliah dan diskusi,
[TM;2x(2x50”)]
Tugas 10: menyusun ringkasan tentang peran geografi dalam pendidikan
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
Tugas
11: menyusun ringkasan tentang peran
geografi dalam
Penelitian
[BT+BM :(1+1)x(2x60”)]
|
·
Peranan geografi dalam pendidikan
·
Pembelajaran geografi
·
Peranan geografi
dalam
penelitian
|
10
|
16
|
Evaluasi Akhir
Semester: melakukan validasi penilaian akhir dan menentukan kelulusan
mahasiswa
|
Catatan: TM; tatap Muka, BT: Belajar
terstuktur, BM: Belajar Mandiri
Catatan:
Cara download file-nya bisa di lihat disini: Tutorial Download File Menggunakan Desktop atau Tutorial Download File Menggunakan Mobile Android atau bisa lihat langsung melalui video di samping..!
Silahkan kirim pesan ke email/WA saya apabila anda benar-benar membutuhkan file ini..!
.
.
0 komentar:
Post a Comment